-->




Pj Bupati Membuka Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat

Editor: Antonius
Sebarkan:

Penyerahan penghargaan  dari Mendagri kepada Pemkab Landak tentang 10 juta bendera merah putih  bulan Agustus (foto :Antonius) 
LANDAK, suaraborneo.id - Pj Bupati Landak Samuel, membuka kegiatan Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat Kabupaten Landak Tahun 2022 , di aula kantor Bupati Landak, Kamis (22/09/2022). 

Acara dihadiri para anggota Forkopimda Kabupaten Landak, Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, BIN Pos Kabupaten Landak, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Kabupaten Landak, Guru SMP Kecamatan Mempawah Hulu, Menjalin, Sompak, Sebangki, Mandor, dan Ngabang, Narasumber serta para undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Landak Samuel, mengucap syukur Pemerintah Kabupaten Landak melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Landak melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat Kabupaten Landak Tahun 2022 dengan tema “Pembumian Nilai-Nilai Pancasila, Nilai Luhur Bangsa sebagai Jawaban Tantangan Zaman bagi Anak Bangsa". 

"Pancasila memiliki berbagai fungsi dan sarat dengan nilai-nilai luhur. Pancasila merupakan acuan dan dasar dalam kehidupan Bangsa Indonesia yang lebih lanjut dapat menjadi dasar strategi menjawab permasalahan bangsa, " ujar Pj Bupati Landak. 

Dikatakan Samuel,  nilai-nilainya universal dan dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk bangsa Indonesia tetapi juga untuk bangsa lain. Nilai-nilai asli yang digali dari keluhuran bangsa hendaknya dapat dibumikan dan dapat berakar kuat dalam kehidupan berbangsa maka perlu transformasi nilai-nilai Pancasila hingga tidak hanya sebatas teori namun mampu menjadi praktek-praktek yang menjawab tantangan zaman, melalui teladan tindakan (best practices) yang nyata dalam segala aspek kehidupan bangsa. 

" Pancasila sudah terbukti sebagai jati diri bangsa Indonesia yang dihormati oleh tokoh-tokoh dunia, hendaknya kita tidak pernah berhenti menggali inspirasi nilai-nilai luhur ini hingga kita dalam berbangsa dan bernegara tidak kehilangan , " kata Samuel. 

Dia berharap dengan adanya kegiatan hari ini dapat memberikan pemahaman terkait kewajiban dan tanggung jawab selaku warga negara untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila di dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat di sekolah-sekolah. 

" Dalam Kegiatan Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat Kabupaten Landak Tahun 2022 ini kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, " harap Samuel. 

Kepala Badan Kesbangpol Landak Samsul Bahri, melaporkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi sebagai memberikan pemahaman dan pengertian tentang pentingnya Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Masyarakat Kabupaten Landak, dalam rangka mencegah tantangan dan ancaman yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, 

"Selain itu meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme pada masyarakat di Kabupaten Landak, " kata Samsul Bahri. 

Dia menjelaskan adapun tema Kegiatan Sosialisasi Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Masyarakat Kabupaten Landak Tahun 2022 yaitu, “Pembumian Nilai-Nilai Pancasila, Nilai Luhur Bangsa sebagai Jawaban Tantangan Zaman bagi Anak Bangsa ”. 

Peserta diikuti sebanyak 300 orang peserta, terdiri dari Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kecamatan Mempawah Hulu, Menjalin, Sompak, Sebangki, Mandor dan Ngabang. 

" Narasumber dan Materi berasal dari Dandim 1201/Mempawah dilaksanakan selama 1 (satu) hari yaitu pada tanggal 22 September 2022 bertempat di Aula Besar Kantor Bupati Landak, " jelas Samsul Bahri. (Anton). 











Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini