-->

Gawai Dayak Kabupaten Sintang akan Digelar 29-31 Juli 2022

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Jeffray Edward, Ketua DAD Kabupaten Sintang. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Pekan Gawai Dayak (PGD) Kabupaten Sintang rencana akan di gelar pada 29 - 31 Juli 2022. Hal tersebut telah di putuskan dalam rapat Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang, Selasa, 12 Juli 2022 di kediaman Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward.

Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan beberapa kali rapat untuk membicarakan mengenai akan digelarnya Pekan Gawai Dayak dan Musyawarah Adat (Musdat) DAD Kabupaten Sintang pada tahun 2022 ini. 

"Rapat DAD pernah di gelar tanggal 7 Juli 2022, membicarakan mengenai rencana Musdat Bulan September atau sampai selesainya konsolidasi di DAD Kecamatan selesai melaksanakan Musdat Kecamatan. Masih tersisa 2 kecamatan yang belum Musdat di tinggkat kecamatan, yaitu DAD Kecamatan Tempunak dan Kecamatan Ketungau Hilir," kata Jeffray Edward yang juga sebagai Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sintang. 

Sementara, DAD Kecamatan Kayan Hilir dan Sungai Tebelian tinggal melaksnakan Pelantikan Pengurus DAD saja," tambahnya. 

Jeffray mengatakan, kegiatan konsolidasi DAD Kecamatan ini tertunda karena situasi Pandemi Covid-19 selama beberapa tahun  sehingga baru bisa terlaksana tahun ini. 

Menyangkut kepengurusan DAD Kabupaten Sintang, Jeffray menjelaskan, SK telah di perpanjang oleh DAD Provinsi sampai bulan November 2022 yang seharusnya berkhir Januari 2022 lalu. 

"Hal itu berdasarkan alasan dan kondisi pandemi yang kita alami, sehingga banyak kegiatan dan program tidak bisa terlaksana dengan baik. Ada beberapa DAD kabupaten yang SK nya di perpanjang, juga termasuk DAD Provinsi juga demikian dari informasi yang kita dengar," jelas Jeffray.

Sementara untuk Gawai Dayak Kabupaten Sintang itu sendiri, sempat di usulkan bulan Oktober mendatang, namun mengingat kondisi waktu dan pembiayaan yang memang belum tersedia, namun dengan mengingat dan memperhatikan esensi dari arti Gawai Dayak itu sendiri dalam adat istiadat, maka berdasarkan masukan dari para tokoh, orang tua, pengurus DAD serta hasil dari audiensi pengurus DAD Kabupaten Sintang dengan Pemda melalui Sekretaris Daerah (Sekda) dan masukannya, maka pada rapat DAD Kabupaten Sintang pada Selasa, 12 Juli 2022 lalu di putuskan Gawai Dayak Kabupaten Sintang akan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Juli 2022 ini di Rumah Betang di Jerora.

Dalam Rapat tersebut juga telah membentuk panitia Gawai Dayak. Selimin, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang di tunjuk selaku Ketua Panitia, Nikodemus sebagai sekretaris dan Damkos sebagai bendahara. 

"Untuk susunan kepanitiian lainnya sedang di susun oleh panitia inti, selanjutnya akan melaksanakan rapat kerja panitia dan akan langsung bekerja kerena waktu kerja yang singkat," paparnya.

Menurut Jeffray, kegiatan Gawai Dayak tahun ini memang sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena mengingat waktu yang sangat singkat untuk mempersiapkannya, kemudian dana yang terbatas, dimana keungan daerah atau dari APBD sangatlah minim, karena masih kondisi Covid-19 ini.

"Demikian juga acaranya, akan di sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, dimana akan melaknakan kegiatan yang memungkinkan untuk di laksanakan. yang kita utamakan adalah Ritual atau upacara adatnya, yang merupakan esensi dari Gawai Dayak itu sendiri," jelasnya. 

"Dan akan ditambah dengan kegiatan lainnya, baik seremonial pembukaan dan penutupan, perlombaan, seminar, serta hiburan, yang di sesuaikan dengan situasi dan waktu," tambahnya.

Jeffray berharap dukungan dan partisipasi terutama masyarakat dayak Kabupaten Sintang pada event tahunan tersebut agar berjalan sukses dan lancar.

"Saya berharap semua masyarakat terutama masyarakat dayak di Kabupaten Sintang bisa berpartisipasi menyukseskan gawai dayak dan agenda-agenda lainnya pada tahun ini. Saya yakin, walaupun dengan keterbatasan yang ada, gawai dayak Kabupaten Sintang tahun ini tetap akan meriah, mengingat kerinduan seluruh masyarakat dayak serta masyarakat Sintang yang sudah lama ingin melaksanakan gawai dayak. Semoga gawai dayak tahun ini bisa berjalan lancar, aman dan sukses," tutup Jeffray. (hms/*) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini