Martinus Sudarno Kunjungi Gawai Raa Lamba' Lalo di Kapuas Hulu

Sebarkan:

Martinus Sudarno Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat saat menghadiri Gawai Raa Lamba' Lalo
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Badan Kebudayaan Nasional Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, Martinus Sudarno berkunjung ke acara adat Taman Gawi Raa Lamba' Lalo di Desa Ariung Mendalam, Kabupaten Kapuas Hulu. 

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Martinus Sudarno mengatakan kehadirannya di Desa Ariung Mendalam bertujuan untuk membuat sebuah film dokumenter tentang kebudayaan yang dimana pembuatan film tersebut bagian dari program BKN. 

"Gawai Raa Lamba' lalo merupakan pelaksanaan budaya yang turun-temurun dan menjadi ciri khas yang melekat pada tantan kehidupan masyarakat adat Taman Kapuas Hulu," katanya saat diwawancara Suaraborneo.id. Kamis (30/6/2022). 

"Gawai Raa Lamba' Lalo juga merupakan acara memuliakan dan penghormatan terhadap leluhur yang telah meninggal dunia dengan  memberikan qurban berupa Kerbau," tambahnya

Martinus Sudarno juga mengatakan dengan penghormatan tersebut mereka percaya bahwa orang tua yang telah meninggal dunia, telah dimuliakan dengan mengucurkan darah kerbau sebagai qurban. 

"Acara adat Taman tersebut sangat menarik dan oleh sebab itulah kami tertarik untuk membuatnya sebagai film dokumenter yang akan diperlombakan di tingkat Nasional," ungkapnya

"Kami akan membuat film ini dengan 2 versi yakni 1 versi untuk diperlombakan ditingkat Nasional dan 1 lagi untuk ditonton oleh masyarakat luas," pungkasnya. (Novi).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini