-->

Gubernur Kalbar Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Gubernur beserta pemilik PT. BLKP dan jajarannya meninjau langsung pabrik BLKP dan cara pembuatan produk Lunar. Foto:ist 
PONTIANAK, Suaraborneo.id – Peluncuran (Launching) Produk Merk "Lunar" dari PT. Bumi Lancang Kuning Pusaka (PT. BLKP) dan penyerahan CSR dalam bentuk Bantuan Renovasi Rumah Ibadah dan Sembako, dihadiri Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, bersama Direktur PT. BLKP, Randy Wahyudi Tjahjadi, seluruh Bupati/Wali kota di Kalbar atau yang mewakili, serta jajaran Forkopimda Prov Kalbar di Pabrik PT. Bumi Lancang Kuning Pusaka, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (25/5/2022).

PT BLKP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur bahan bangunan yang fokus pada produk-produk rangka, atap, serta lantai, dengan menggunakan bahan baku baja ringan. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengatakan Presiden Republik Indonesia menuntut target 45 persen dari APBN/APBD untuk penggunaan produk dalam negeri.

"Untuk APBD Provinsi Kalbar, ditargetkan sebesar 70 persen untuk penggunaan produk dalam negeri karena saya memikirkan produk dalam negeri apa yang harus dipakai. Presiden menyampaikan E-Katalog harus dimudahkan dan jangan dipersulit," kata H. Sutarmidji.

Produk PT BLKP tersebut diharapkan dapat ditampilkan di E-Katalog dan terus melakukan inovasi produk, salah satunya meubelair sekolah. Produk Lunar juga diharapkan dapat meminimalisir penebangan pohon-pohon dalam suatu pembangunan.

"Kombinasi material baja ringan dan triplek akan menghasilkan meubelair sekolah. Saya sangat  mengapresiasi keberadaan produk ini karena dapat mengurangi penggunaan kayu dan produk ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tidak banyak menebang pohon," tutur Gubernur.

Selanjutnya, H. Sutarmidji mengungkapkan, negara yang dapat mempertahankan hutan dan menyerap banyak karbon dioksida merupakan negara yang dapat menguasai ekonomi.

"Karena ekonomi karbon sudah bisa berkembang di dunia, sehingga hutan-hutan harus dijaga dengan baik," ujarnya

Di akhir sambutannya, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. BLKP yang sudah menggunakan pekerja lokal asal Kalbar dan kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya karena telah mempermudah perizinan.

"Selama ada pekerja dari lingkungan perusahaan tersebut, itu sangat bagus. Dan terima kasih atas perizinan yang cepat dari Bupati Kubu Raya,"  tutup Sutarmidji.

Setelah memberikan sambutan, Gubernur beserta pemilik PT. BLKP dan jajarannya meninjau langsung pabrik BLKP dan cara pembuatan produk Lunar. (Adpim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini