-->

PT Agro Andalan Kolaborasi Dengan Warga Sediakan Sarana Air Bersih

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pengerjaan sumur bor (Doc: Pebruari) 

SEKADAU, 23 November 2020 – Sarana air bersih kini telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Begitu juga bagi masyarakat Dusun Sungai Durian, Desa Naga Menterap, Kabupaten Sekadau. Sejak bulan Februari 2020, warga Dusun Sungai Durian telah menggagas pengadaan sarana air bersih untuk kebutuhan warga.


Gagasan tersebut mendapat sambutan dari PT Agro Andalan, salah satu perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di sekitar dusun. PT Agro Andalan menyediakan seperangkat peralatan sumur bor kepada warga Dusun Sungai Durian yang akan dipergunakan oleh warga membuat sumur bor skala rumah tangga.


Kolabosasi perusahaan dengan warga ini sekarang mulai membuahkan hasil. Saat ini terdapat sekitar 100 kepala keluarga di empat Rukun Tetangga (RT) Dusun Sungai Durian telah memiliki fasilitas sumur bor di rumahnya.


“Alhamdulillah, dengan adanya program kolaborasi pengadaan air bersih antara PT Agro Andalan dengan Masyarakat Dusun Sungai Durian, saat ini warga sudah merasakan manfaatnya”, ujar Hamsah, Kadus Sungai Durian.


Hamsah menambahkan, pengerjaan pengadaan air bersih di Dusun Sungai Durian ini dilakukan setiap hari dengan bergotong royong setiap sore hari selepas warga selesai melakukan aktifitas rutinnya. Rata-rata setiap hari warga dapat membuat sumur bor 2 titik. Selain di Dusun Sungai Durian, PT Agro Andalan juga saat ini sudah memulai program pengerjaan pengadaan air bersih di Dusun Setawar, Desa Setawar. Program pengadaan air bersih ini digagas untuk  mengakomodasi aspirasi warga dan Pemerintah Desa Setawar untuk membantu kebutuhan masyarakat akan konsumsi air bersih. 


Program dilaksanakan dengan tetap mendorong partisipasi warga. Salah seorang warga bernama, Pak Lasam bahkan dengan sukarela menghibahkan lahannya untuk dibuatkan embung-embung sebagai sumber air bersih.


Saat ini sudah dilakukan acara adat rimah tanah, pembelian material untuk instalasi air bersih, dan saat ini pertengahan Bulan November sedang dilakukan pembuatan embung-embung untuk sumber air bersih warga oleh PT Agro Andalan di atas lahan yang dihibahkan Pak Lasam.


Kepala Desa Setawar, Agus, menyampaikan warga desa sangat mengapresiasi kepedulian dari PT Agro Andalan. Dengan adanya program pengadaan air bersih ini akan sangat membantu masyarakat dan tentunya juga pihak pemerintah Desa Setawar, dimana hal ini akan berkontribusi terhadap pencapaian sasaran pembangunan Desa. 


“Keberadaan perusahaan dan pabrik Kelapa Sawit di wilayah desa kami sangat membantu meningkatkan perekonomian warga. Dulu sebelum ada perusahaan, akses jalan menuju desa kami sangat susah. Sekarang setelah ada perusahaan, akses jalan ke Desa kami sudah bagus,” ungkap Agus.


Plantation Head  PT Agro Andalan, Jonner Silaen mengatakan, prorgam pengadaan air bersih ini merupakan kegiatan CSR perusahaan yang diselaraskan dengan kebutuhan warga dan pemerintah Desa. 

Program air bersih tersebut, katanya, merupakan salah satu wujud konkrit keterlibatan perusahaan untuk mendorong capaian pembangunan, apalagi kaitannya dengan agenda sustainable development goal dan kontribusi perusahaan terhadap capaian sasaran pembangunan desa yang dapat meningkatkan status IDM. 


“Tentu selain program air bersih ini, banyak hal juga yang sudah kita realisasikan, terutama perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi penghubung akses antar Desa binaan,” pungkas Jonner. (rilis) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini