20 Taruna/Taruni asal Kabupaten Sekadau Akan Jalani Pendidikan di STPN Yogyakarta

Editor: Redaksi

Pelepasan 20 Taruna/Taruni 

SEKADAU, suaraborneo.id - Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin melepas keberangkatan 20 Taruna/Taruni program studi Diploma-I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, jalur kerjasama  Kabupaten Sekadau dan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta tahun akademik 2020-2021. Kegiatan bertempat di kantor BKPSDM Sekadau, Kamis 15 Oktober 2020.


Hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut, Asisten pemerintahan dan kesra, Kepala BKPSDM Sekadau, Kepala BPKAD Sekadau, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sekadau serta Taruna/Taruni STPN.


Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin dalam sambutannya menjelaskan dasar dilaksanakannya program tersebut oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau.

Dikatakan Pjs Bupati Sekadau, pembangunan di bidang pertahanan yang didasarkan pada hukum tanah nasional telah dimulai sejak ditetapkannya undang-undang pokok Agraria (UU nomor 5 tahun 1960). Undang-undang, tersebut mewajibkan pemerintah untuk melaksanakan pendaftaran tanah yang tujuannya antara lain memberikan jaminan kepastian hukum atas hak tanah.

Selain tujuan untuk kepastian hukum, pendaftaran tanah juga bertujuan untuk menyajikan informasi pertanahan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat.


Sementara, untuk menyelenggarakan pendaftaran tanah sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang pokok Agraria tersebut, maka pemerintah terakhir menerbitkan PP nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah sebagai bentuk reformasi.

Dibidang pertanahan dalam mewujudkan keadilan sosial dalan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya, salah satunya kegiatan yang mutlak dilakukan untuk melakukan pendaftaran tanah tersebut adalah dilakukannya kegiatan pengukuran dan pemetaan kadastral.


"Sejalan dengan visi misi Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri, dan berdaya saing serta dalam rangka mempersiapkan SDM Kabupaten Sekadau yang handal dibidang pertanahan yang pada gilirannya peningkatan IPM Kabupaten Sekadau yang berkualitas dan berkompetensi, maka Pemkab Sekadau memandang penting upaya peningkatan SDM yang salah satunya pendidikan berupa beasiswa kepada putra-putri terbaik Kabupaten Sekadau untuk menempuh pendidikan pada program studi Diploma-I  Pengukuran dan Pemetaan Kadastral pada Sekolah Tinggi Pertanahan nasional dengan jalur kerjasama," bebernya. 


Pjs Bupati Sekadau sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dengan tersedianya fasilitas pendidikan kepada putra-putri terbaik kabupaten Sekadau untuk Pertanahan Nasional di Yogyakarta. 


Pjs Bupati berpesan kepada putra-putri terbaik Kabupaten Sekadau yang telah lulus seleksi, untuk selalu bersyukur dan jangan terlalu berbangga diri atas keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai.


"Jalan kalian masih panjang belajar yang tekun dan rajin ukir terus prestasi, jaga nama baik Pemerintah Kabupaten Sekadau dan keluarga. Saya tidak ingin mendengar apabila diantara kalian nanti di drop out dari sekolah oleh karena indisipliner dan sebab lain-lain," tegas Sri Jumiadatin.


"Yang perlu kalian sadari bahwa pendidikan kalian dibiayai sepenuhnya oleh APBD Kabupaten Sekadau. Untuk itu sekali lagi jaga dan buat kabupaten Sekadau bangga padamu," pungkas Pjs Bupati Sekadau. (tim) 


Share:
Komentar

Berita Terkini