Pemkab Kubu Raya Bantu Masyarakat Terdampak Wabah

Editor: Redaksi
KUBU RAYA, suaraborneo.id – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyalurkan paket bantuan bahan makanan pokok kepada masyarakat yang terdampak penyebaran wabah Covid-19 atau virus corona. Penyerahan simbolis di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (6/4), dilakukan Sekretaris Daerah, Yusran Anizam kepada perwakilan penerima bantuan. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani menjelaskan, penerima bantuan adalah elemen masyarakat yang terkena dampak dari penyebaran virus corona. 

“Di antaranya pelaku usaha mikro kecil menengah, pedagang kecil di pasar tradisisional, juru parkir, ibu-ibu pembuat kue, nelayan, dan pengemudi taksi yang juga terdampak pandemic ini,” tuturnya. 

Nora menerangkan, bantuan bersumber dari dana APBD Kabupaten Kubu Raya. Adapun penyaluran dilakukan menurut data-data yang telah dihimpun. 

“Paket terdiri atas satu dus mie instan, satu kilogram gula pasir, satu kilogram minyak goreng, dan 20 butir telur. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, sembako yang diberikan tidak termasuk bantuan beras yang berasal dari pemerintah provinsi. Untuk beras, nantinya akan didistribusikan dalam bentuk lain sebagai bantuan dari provinsi. Menurut Yusran, meski tidak banyak, bantuan sembako adalah wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat yang terdampak wabah. 

“Bantuan sembako ini walaupun tidak seberapa nilainya, tapi setidaknya menunjukkan kepedulian dari pemerintah kabupaten di mana saat ini kita semua merasakan masa-masa berat ini,” katanya.

Yusran berharap, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dapat membantu meringankan beban warga. Dirinya berterima kasih atas kerjasama semua pihak dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten kubu Raya. Termasuk kebesaran hati para pelaku usaha yang rela menutup sementara usahanya demi memutus rantai penyebaran virus. 

“Semoga yang sedikit ini bisa membantu meringankan. Terimakasih atas perhatian, kerja sama dan sumbangsih pengorbanan dari semua pihak mulai birokrasi, elemen masyarakat, lembaga-lembaga relawan, termasuk tenaga medis yang berjibaku siang-malam di lapangan. Termasuk pengorbanan warga yang rela menutup usahanya dan menunda agenda kegiatannya,” ucapnya. 

Salah satu penerima bantuan, Jamali, memuji perhatian pemerintah daerah terhadap warga yang terkena dampak dari wabah virus corona. Menurut dia, pemerintah daerah telah mengambil langkah cepat dan tepat menyikapi turunnya daya beli masyarakat sebagai akibat wabah. 

“Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan ini. Terlepas dari jumlah dan nominalnya, ini sangat-sangat berarti bagi kami masyarakat kecil yang terdampak wabah corona. Kita mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah daerah ini. Semoga saja musibah ini segera berakhir supaya kehidupan kembali normal dan perekonomian bisa bergerak lagi,” harap pelaku usaha mikro ini. (rio)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini