RSUD Melawi Siap Menangani Pasien Suspect Corona

Editor: Redaksi
Pengarahan Ketua Dewan Pengawas BLUD RSUD Melawi, Simson, SKM.M.Kes dan Direktur RSUD Melawi, dr.Sien kepada tim
MELAWI, suaraborneo.id - Pada hari ini, Jumat 6 Maret 2020 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Melawi melakukan Simulasi Penanganan Pasien yang diduga Suspect Corona virus oleh tim terpadu terlatih dan profesional sesuai dengan standard WHO yang sudah dibentuk oleh Direktur RSUD Melawi.
Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, sebelumnya semua tim diberi pengarahan oleh Direktur RSUD Melawi, dr.Sien dan Ketua Dewan Pengawas, Simson, SKM.M.Kes sekaligus mendampingi tim yang salah satu Skenario Simulasi adalah "jika ada pasien dan atau WNA dengan suspect corona datang berobat ke IGD sore/malam hari:

1. Dokter/Perawat, Sopir IGD dan ruangan Isolasi harus sudah siap sesuai SOP standard WHO
2. APD serta penggunaannya harus sudah dipahami oleh semua petugas sesuai standard
3. Penanggulangan sementara ( di ruang isolasi IGD & ruang isolasi Eks gedung Ranap anak lama harus disiapkan untuk menampung semua pasien suspect corona ).
4. Simulasi mobil Ambulance rujukan dengan sopir Ambulance lengkap memakai APD (alat pelindung diri) terhadap virus corona.
5. Melaksanakan Sosialisasi /Pelatihan  oleh dokter spesialis kepada Staff RSUD agar bisa siap menghadapi kemungkinan adanya kasus corona di Melawi.
6. Berkoordinasi dengan Rumah Sakit rujukan corona terdekat yaitu RSUD Ade Mohammad Djoen SIntang.
Lebih lanjut direktur RSUD Melawi mengatakan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) peralatan medis dan insprastruktur di RSUD Melawi telah siap melayani jika ada masyarakat yang terduga/suspect Corona. (red)

Editor: Asmuni

Share:
Komentar

Berita Terkini