TNI-AD Peringati Hari Juang Kartika

Editor: Redaksi
Bupati Landak Karolin Margret Natasa saat menyampaikan sambutan pada acara hari juang Kartika TNI-AD di aula kantor Bupati Landak
LANDAK, suaraborneo.id -Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) memperingati hari juang Kartika ke-74 di aula utama kantor Bupati Landak, Selasa (17/12/2019).

Acara dihadiri oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa, unsur Forkopimda Kabupaten Landak, Danramil se-Kabupaten Landak, Sekda Landak, para kepala OPD, anggota Persit, purnawirawan TNI-AD, dan mahasiswa serta pelajar di kabupaten Landak.

Hari juang kartika TNI- AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember dilakukan untuk mengenang pertempuran Ambarawa yang sebelumnya dikenal dengan nama hari infanteri. Untuk itu, dengan diperingatinya hari juang TNI-AD ini untuk mengingatkan kembali perjuangan panglima besar Jenderal Soedirman yang berhasil mengusir penjajah dari Ambarawa.

Dalam sambutannya Dandim 1201/Mempawah Letkol Inf Mahmuddin Abdillah mengatakan acara ini dilakukan untuk  mengucap syukur dan mengingat kembali perjuangan yang dilakukan oleh Jenderal Soedirman pembela bangsa terdahulu dalam mempertahankan NKRI.

“Syukuran ini merupakan syarat makna serta untuk mengingatkan kita kepada tuhan yang maha esa. Syukuran ini dilakukan untuk mengenang momen-momen yang sangat berarti terutama pada tanggal 15 desember adalah hari juang TNI-AD,” pungkas Mahmuddin.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengucap syukur untuk mengenang peristiwa ini, atas perjuangan pahlawan yang telah berhasil mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia.

“Kita wajib bersyukur dan berterimakasih kepada para pejuang kita yang telah merebut kemerdekaan pada saat itu, bersyukurlah kita hidup di jaman kemerdekaan, mudah-mudahan kita punya semangat baru untuk menjaga bangsa Indonesia kedepannya” kata Karolin.

Dalam kesempatan ini Bupati Landak mengajak semua pihak untuk dapat memberikan sumbangsih melalui peran masing-masing dalam menjaga negara kesatuan republik Indonesia.

“Kita jaga NKRI dengan melakukan yang terbaik, laksanakan tanggungjawab kita kepada bangsa dan negara melalui peran kita masing-masing, bagi generasi muda Saya berharap dapat menanamkan rasa patriotisme untuk membangun Indonesia di masa yang akan datang,” ujar Karolin.

Bersamaan dengan acara ini juga diadakan nonton bersama film perjuangan Jenderal Soedirman. Karolin berharap dengan melihat kembali peristiwa sejarah ini  dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan bela negara .

“Selamat hari juang Kartika ke-74 untuk seluruh keluarga besar TNI-AD, semoga kegiatan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua meningkatkan semangat nasionalisme dan semangat bela negara bagi kita generasi penerus bangsa,” harap Karolin. 

Penulis MC
Editor Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini