Keraton Kusuma Negara Kabupaten Sekadau Gelar Acara Adat Batas Negeri Ke-IV

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Bupati Sekadau, Aron, saat dianugerahi gelar sebagai Pangeran Wali Kusuma Negeri oleh Raja Kusuma Negara Sekadau, Pangeran Agung Agung Sri Negara II, Gusti Muhammad Effendipada acara Adat Batas Negeri Ke-IV di Keraton Kusuma Negara Sekadau. Foto:dn
Sekadau, Suaraborneo.id - Keraton Kusuma Negara Kabupaten Sekadau mengukir sejarah baru dengan menggelar acara Adat Batas Negeri Ke-IV yang diselenggarakan di Keraton Kusuma Negara, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir pada Sabtu, 16 Desember 2023. Acara ini menjadi momen istimewa yang dipenuhi dengan nuansa keagungan dan tradisi.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan prosesi adat Parade Pusaka, Manik Beladau, Nerojun Aik, Nyamut Tamu, hingga Syaer Kusuma Negara. Suasana semakin meriah dengan penyerahan gelar kekerabatan Kusuma Negara oleh Raja Kusuma Negara Sekadau, Pangeran Agung Agung Sri Negara II, Gusti Muhammad Effendi kepada sejumlah tokoh terkemuka, termasuk Bupati Sekadau, Kapolres Sekadau, Kejari Sekadau, dan Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Golkar, Adrianus Asia Sidot.

Dalam acara tersebut, Bupati Sekadau, Aron, diangkat sebagai Pangeran Wali Kusuma Negeri, Kapolres Sekadau, AKBP. Suyono sebagai Pangeran Setya Dilaga, Kejari Sekadau, Adyantana Meru Herlambang sebagai Pangeran Yaksa Dilaga, dan Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Golkar, Drs. Adrianus Asia Sidot sebagai Satria Sukma Negeri.

Dalam titah mulia Raja Kusuma Negara Sekadau, yang disampaikan oleh Bendahara Keraton Kusuma Negara Sekadau, ditekankan agar para penerima gelar selalu menjaga marwah dan kehormatan yang melekat hingga akhir hayat.

Bupati Sekadau, Aron, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan kebudayaan yang diangkat kembali dalam masa keemasan Keraton Kusuma Negara. Ia menegaskan bahwa acara ini menjadi sarana bagi generasi muda untuk memahami adat dan tradisi, serta memberikan apresiasi atas upaya Raja Sekadau dalam melestarikan budaya.

"Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau memberikan apresiasi atas diselenggarakannya acara adat batas negeri ke-IV ini. Kita berharap juga kedepan, bisa mendatangkan turis lokal maupun mancanegara, karena ini budaya yang luar biasa bagi kita. Kita junjung tinggi nilai-nilai adat budaya kerajaan Kusuma Negara Sekadau ini," ungkap Bupati Aron.

Bupati juga menyampaikan rasa terima kasih atas gelar yang diberikan dan berkomitmen untuk menjaga mandat tersebut. Acara ini dihadiri oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Raja Surya Negara Sanggau, Raja Pakunegara Kesultanan Tayan, Ketua Adat Kusuma Negara Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, dan undangan lainnya, menjadikan acara ini sebagai peristiwa yang menggambarkan kekayaan budaya dan kebersamaan di Kabupaten Sekadau. (dn)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini