Jembatan Gantung di Sulang Betung Rusak, BPBD Sekadau Himbau Warga Waspada

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Kondisi kritis Jembatan Gantung di Dusun Sulang Betung, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu.(Foto:ist)
Sekadau Kalbar, SB - Kantor Camat Sekadau Hulu melalui Surat Nomor : 362/714/PM-Ekbang tanggal 30 November 2023, melaporkan kondisi kritis Jembatan Gantung di Dusun Sulang Betung, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu. Kerusakan tersebut disebabkan oleh banjir besar yang melanda pada minggu ketiga bulan November 2023, menyebabkan longsor tebing dan pergeseran pondasi jembatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi, menjelaskan hasil monitoring TRC BPBD pada 6 Desember 2023. Jembatan gantung dengan panjang 75 meter ini mengalami kerusakan serius, terutama pada pondasi atau gelegar di bawah jembatan bagian kiri dan kanan. Lantai jembatan banyak yang patah dan rusak, sedangkan tali sleng penyangga jembatan kendur, menyebabkan jembatan miring.

Jembatan tersebut memiliki peran vital dalam menghubungkan Desa Sulang Betung dengan Desa Setawar, Desa Nanga Pemubuh, dan Desa Tapang Perodah. Keadaan semakin sulit akibat longsor di pesisir Sungai Nanga Menterap yang meningkat karena hujan tinggi pada bulan November 2023.

Akhmad Suryadi dari BPBD Kabupaten Sekadau memberikan himbauan kepada warga agar berhati-hati saat melintasi jembatan yang rusak tersebut untuk aktivitas sehari-hari. Keamanan dan keselamatan warga menjadi prioritas utama, mengingat kondisi jembatan yang semakin memburuk.

Upaya penanganan dan perbaikan jembatan sedang dalam perencanaan, dan BPBD Kabupaten Sekadau berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi krisis ini. Pemerintah daerah dan instansi terkait diharapkan segera merespons agar akses transportasi warga dapat segera pulih dan kegiatan sehari-hari dapat berjalan normal kembali. (BPBD/as)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini