Sebuah Lahan Gambut di Pontianak Utara Terbakar

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Sebuah Lahan Gambut Terbakar di Kec. Pontianak Utara, Rabu (13/09/2023) sore. (Foto/Ist)
PONTIANAK, Suaraborneo.id – Sebuah Lahan Gambut di daerah Bentasan Dua, kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, terbakar, Rabu (13/09/2023) sore.

Untuk memadamkan api sejumlah petugas dan mobil pemadam kebakaran berjibaku menuju lokasi. Sejumlah warga juga terpantau membantu memadamkan api dengan peralatan yang dimiliki.

Lokasi yang sulit dijangkau karena semak belukar sedikit membuat petugas kesulitan untuk memadamkan api, terlebih lahan gambut yang kering akibat kemarau akhir-akhir ini juga membuat api cepat merembet.

“Kebakaran terjadi di bentasan 2, Pontianak Utara,” kata Edi Zulkarnaen, salah satu petugas pemadam kebakaran swasta Kota Pontianak, Rabu Sore.

Hingga pukul 16.00 Wib, proses pemadaman api terus dilakukan. Kepulan asap tebal juga membuat petugas kualahan dalam menjalankan tugas pemadaman.

Kepala Seksi Pemberdayaan kecamatan Pontianak Utara, Ibrahim Candra, mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan sembarangan. Terlebih saat ini Kota Pontianak belum diguyur hujan sehingga terjadi kekeringan.

Ia menjelaskan, akibat kebakaran menimbulkan kabut asap yang dapat menganggu kesehatan masyarakat dan merugikan berbagai sektor.

“Saya menghimbau agar masyarakat berhati-hati. Jangan melakukan pembakaran lahan, karena dampaknya dapat merugikan kita semua,” pintanya.

Berdasarkan data hotspot.brin.go.id jumlah titik Hospot di Kalimantan Barat per 13 September 2023 sebanyak 27 titik. Dari jumlah tersebut tidak terpantau satu titik pun di Kota Pontianak. (TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini