-->

Pertahankan Semangat Kebangkitan Nasional Hanya Bisa Dilakukan dengan Kerja Keras

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota DPRD kabupaten Sekadau dari Fraksi PDI Perjangan, Hans Kristian. Foto:am
Sekadau Kalbar, SB - Setiap tanggal 20 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tanggal 20 Mei dipilih karena lahirnya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908 dianggap sebagai awal bangkitnya nasionalisme dan gerakan masyarakat Indonesia dalam melawan penjajahan pada saat itu.

Sementara, makna dari Kebangkitan Nasional merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme serta rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Kebangkitan Nasional juga merupakan langkah awal untuk rakyat Indonesia memiliki kesadaran agar mampu memperjuangkan Bangsa Indonesia untuk merdeka.
 
Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-155 tahun 2023 ini mengusung tema  “Semangat Untuk Bangkit”.
 
"Kita ketahui bahwa peristiwa yang menjadi latar belakang penetapan Harkitnas pada saat itu adalah Bangsa Indonesia membutuhkan pemersatu pada masa awal kemerdekaan," kata Hans Kristian, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi PDI Perjuangan kepada media ini. Senin (22 Mei 2023).

Ia mengajak, melalui momentum peringatan Harkitnas ke-115 tahun ini, seluruh komponen bangsa mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, seperti yang dimiliki oleh dokter dr. Sutomo saat membentuk organisasi Budi Utomo pada tahun1908.

"Upaya untuk mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional tersebut hanya bisa dilakukan melalui kerja keras, kerja cerdas dan kebersamaan," ungkapnya.

Legislator PDI Perjuangan ini juga mengingatkan kepada para generasi muda bahhwa tentunya Harkitnas ini ada kaitan dengan Sumpah Pemuda.

"Karena apa, karena keduanya itu merupakan semangat para pemuda saat itu dalam menyatakan sikap persatuan, kesatuan, dan nasionalisme dari penjajah di Indonesia. Semoga semangat pemuda Indonesia saat ini mampu berkarya dengan lebih baik lagi dari pada generasi sebelumnya," pungkasnya. (am)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini