-->

Perangi Stunting dan Gizi Buruk, Yessy Melania Salurkan 650 Paket Ikan di Melawi

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Kegiatan Safari Gemar Makan Ikan di Kecamatan Pinoh Selatan. Foto:tio
Melawi Kalbar, SB - Anggota Komisi IV DPR-RI Yessy Melania salurkan 650 paket Ikan ke beberapa Desa di Kecamatan Pinoh Selatan, Kabupaten Melawi. Kegiatan dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Pinoh Selatan, Desa Manggala, Senin, (22/5/2023).

Kegiatan itu di inisiasi Anggota DPR-RI Yessy Melania dari Fraksi Nasdem Dapil Kalbar II bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI) dengan Perluasan Safari Gemarikan di Kabupaten Melawi. 

Pada kesempatan itu, legislator partai Nasdem dari Dapil Kalbar II yang juga Putri asal Melawi ini pun meminta masyarakat mengkampanyekan Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

"Bapak Presiden kita konsen akan Generasi Emas Indonesia kedepan. Nah salah satu harapan beliau agar masyarakat bisa mendapatkan ikan segar dari pemerintah. Melalui Safari Gemarikan ini kita daerah Melawi juga di dorong  mendapatkan asupan  gizi yang baik guna mencegah Stunting," ujarnya.

Lanjut Yessy, mengkampanyekan gemar makan ikan langsung tanpa diolah, masyarakat cenderung kurang minat, apalagi anak usia dini.

"Banyak cara lain untuk dapat mengkonsumsi ikan. Salah satunya dibuat olahan produk turunan lainnya seperti Abon ikan, Kerupuk ikan, atau Bakso ikan. Nah itu sangat sangat memungkinkan," imbuhnya.
 
Menurut Yessy, cakupan konsumsi Ikan di Melawi masih sangat rendah. Melalui Safari Gemarikan ini masyarakat khususnya ibu hamil, anak usia dini bisa mendapatkan asupan gizi protein dari ikan. 

"Harapan saya semoga dengan penyaluran ini masyarakat bisa mendapatkan pemenuhan konsumsi ikan," harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertaniandan Perikanan (DKP3) Kabupaten Melawi, Syaiful Khair mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPR RI Yessy Melania dan Kementerian KKP-RI atas di selenggarakannya kegiatan Safari Gemarikan di Melawi.
 
"Khususnya di dinas kami beliau (Yessy Melania) banyak kontribusinya. Tidak hanya di bidang Perikanan,  tetapi juga bidang Peternakan sangat banyak kontribusinya khususnya daerah kita Melawi ini," ungkap Syaiful khair.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi produksi ikan air tawar di tahun 2022 sebanyak 6.924 Ton pertahun. Disisi lain ada pengadaan bibit ikan di tahun yang sama ada lima kelompok sebanyak 1.250 ekor. Sedangkan angka konsumsi ikan khusus di Kabupaten Melawi 30,17 kilo perkapita. Sementara data kurang konsumsi ikan sebanyak 26,31 kilo perkapita.

"Mudah-mudahan program pemerintah yang di bawa Perwakilan Komisi IV DPR RI, Ibu Yessy Melania ini bisa mencapai ke daerah kita lagi kedepannya. Dengan adanya Safari Gemarikan ini sangat membantu masyarakat kita," tutup Syaiful Khair. (Tio)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini