-->

Bupati Sanggau Resmikan Rumah Betang Mungo Tapis Tayan Hilir

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Peresmian rumah Betang Mungo Tapis Kecamatan Tayan Hilir. Foto:bry
SANGGAU, suaraborneo.id - Didampingi Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau yang juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, meresmikan Rumah Betang Mongo Tapis Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa, (11/4/2023).

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, rumah betang Mungo Tapis Kecamatan Tayan Hilir ini merupakan rumah betang yang pertama kali diresmikan tingkat kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat mensuport pembangunan rumah betang Mungo tapis ini melalui APBD Kabupaten Sanggau sejak tahun 2018 lalu.

"Meski pembangunan rumah betang ini bertahap tapi bersyukur hari ini bisa kita diresmikan," kata Paolus Hadi, Bupati Sanggau.

"Rumah Betang ini merupakan simbol kehadiran masyarakat dayak. karena itu, saya minta kepada masyarakat kecamatan Tayan Hilir jaga dan rawat serta manfaatkan rumah betang ini untuk melestarikan tradisi adat dan budaya dayak," ujar PH sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Rumah Betang Mungo Tapis Kecamatan Tayan Hilir, Egi Wan Heriyanto, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau karena sudah merealisasikan pembangunan rumah betang di kecamatan Tayan Hilir. 

"Meski pembangunan rumah betang ini bertahap sejak tahun 2018 lalu tapi kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Sanggau karena komitmen dan konsisten menyelesaikan rumah betang kecamatan tayan hilir ini," ujar Egi Wan Heriyanto.

Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau yang juga Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan, pembangunan rumah betang di setiap kecamatan khususnya Tayan Hilir ini merupakan bagian dari program kerja Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau.

"Saat ini tinggal kecamatan Mukok, Entikong dan Sekayam yang belum dibangun rumah betangnya dan kedepan tentu akan dituntaskan," pungkas Yohanes Ontot. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini