-->

Anggota Pertanyakan KUD Makmur Bersama Tak Pernah RAT

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Beberapa anggota KUD Makmur Bersama saat audiensi dengan Camat Nanga Taman. Foto:ist 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id -  Sejumlah anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Makmur Bersama mendatangi kantor camat Nanga Taman, kabupaten Sekadau, Senin (13/02/2023) kemarin pagi.

Kedatangan anggota ini untuk mengadukan nasib Koperasi mereka kepada Camat Nanga Taman, karena menurut mereka (beberapa anggota yang menghadap Cakat) sejak tahun 2017 hingga kini tidak pernah melakukan rapat anggota tahunan (RAT).

Anggota yang merupakan pemilik lahan plasma yang di kelola oleh koperasi dibawah naungan perusahaan sawit gunas Group itu merasa dirugikan, terlebih ada lahan plasma yang tidak di kelola dengan baik oleh koperasi.

“Pertemuan dengan pak Camat Nanga Taman, tentang KUD Makmur Bersama dari 2017 sampai sekarang tidak pernah mengadakan rapat anggota tahunan,” kata petani Plasma, Siton.

Pendamping masyarakat, Dion, SH, mengatakan, pertemuan dengan Camat Nanga Taman untuk menyampaikan aspirasi masyarakat petani plasma. Pihaknya masih menunggu dari pengurus KUD sampai maret 2023 untuk melaksanakan RAT.

“Kita tunggu bulan Maret ini apakah ada RAT dari pengurus KUD,” kata Dion.

Rapat Angota Tahunan merupakan agenda wajib yang dilakukan oleh sebuah koperasi setiap tahun buku. RAT dilakukan sebagai pertanggungjawab pengurus kepada anggota atas pengelolaan koperasi selama satu tahun buku. 

Selain itu, sebiah koperasi yang dinyatakan sehat yakni rutin melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahun. 

Sementara, di konfirmasi kepada Camat Nanga Taman, Gunawan membenarkan bahwa memang ada dirinya menerima audiensi dari beberapa anggota KUD Makmur Bersama. 

"Ya, benar. Kita hanya menampung aspirasi dari beberapa anggota KUD Makmur Bersama yang datang ke kita dengan tiba-tiba dan tidak menyurati terlebih dahulu," jelas Gunawan.

"Mereka mempertanyakan pengurus KUD Makmur Bersama yang tidak pernah melakukan RAT anggota. Selain itu, mereka mau mengambil alih dengan membentuk kepanitiaan pemilihan pengurus," tambahnya. 

Gunawan mengatakan, Pada bulan Juni tahun 2022 lalu pernah ada pertemuan dengan pihak KUD Makmur Bersama menanyakan apa alasan KUD dimaksud tidak melakukan RAT. 

"Pada rapat itu, pihak KUD Makmur Bersama berjanji akan melakukan RAT tahun 2022. Maka saran saya supaya mereka menunggu dulu apakah pihak KUD Makmur Bersama akan melakukan RAT tahun buku 2022 yang dirangkai dengan agenda pemilihan pengurus dan pengawas," jelas Gunawan. 

"Kita juga sarankan agar mereka menemui pengurus dan pengawas KUD Makmur Bersama dulu, kapan akan akan mengadakan RAT," tutup Gunawan.

Di konfirmasi kepada Ketua KUD Makmur Bersama, Rosdianto (Ukang) via telepon selulernya, tidak ada jawaban. (TN/as) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini