Sekda Landak Buka Acara Forum Konsultasi Publik

Editor: Antonius
Sebarkan:

Acara forum konsultasi publik (foto Antonius) 
LANDAK, suaraborneo.id -  Sekda Kabupaten Landak Vinsensius, membuka acara Forum Konsultasi Publik Sektor Pelayanan Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan yang  kemakmuran masyarakat, di aula Dinas DPPKP Landak, Rabu (9/11/2022). 

Dalam sambutannya Sekda Landak menyampaikan sebagai informasi, pada akhir tahun 2021 pemerintah kabupaten Landak menerima penghargaan dari ombudsman republik indonesia untuk pelayanan publik peringkat IV Nasional kategori pemerintah kabupaten. 

Kemudian pada tahun 2022 ini, pemerintah kabupaten Landak menerima piagam penghargaan dari pemerintah provinsi atas hasil evaluasi pelayanan publik dengan nilai pelayanan baik. 

" Melalui kegiatan forum konsultasi publik ini diharapkan dapat dilakukan penggalian potensi riil keinginan atau kebutuhan masyarakat (bottom up planning), berbasis pada kekuatan dan potensi sendiri, maupun bertolak dari kondisi masyarakat (esensi existing), " ujar Vinsen. 

Menurut Vinsen, sebagai dasar untuk memacu aparat penyelenggara layanan publik, untuk senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, dan output sebagaimana yang diharapkan, sehingga mampu memuaskan publik sebagai user maupun konsumernya. 

"Birokrat harus merubah mindset bukan sebagai penguasa, namun justru sebaliknya sebagai civil servant, pelayan masyarakat yang harus senantiasa didengungkan dan ditanamkan, dengan demikian, pada saatnya dengan waktu yang tidak terlalu lama, " ucap Vinsen. 

Selain itu lanjutnya, perubahan budaya birokrasi yang selama ini dapat terjadi berstigma negatif seperti koruptif, lamban, berbelit-belit, prosedur yang tidak jelas, subjektif, dan sebagainya menjadi kebalikannya yaitu lebih responsif, cepat, tepat, akurat, objektif, terstandarisasi, dan akuntabel. 

Dengan demikian dapat diminimalisasikan komplain, keluhan, dan ketidakpuasan masyarakat, sehingga pada gilirannya trus atau kepercayaan akan tumbuh, dan pemerintahan akan dapat berjalan secara efektif dan efisien, dengan memprioritaskan transparansi di sisi lain, juga akan terjadi sinergi antar pemerintah dan masyarakat yang bersifat partisipatif-konstruktif.

"Semoga dari kegiatan ini dinas pertanian, perikanan dan ketahanan pangan hari ini, dapat menghasilkan rumusan yang terbaik untuk evaluasi dan peningkatan pelayanan publik di kabupaten landak," harap  Vinsen. (Anton) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini