-->




Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Editor: Antonius
Sebarkan:

Rini Septiriani Amelia (foto dok) 
LANDAK, suaraborneo.id - Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri pribadi masing-masing.

Salah satu guru SDN 04 Sengkeruh, Kabupaten Landak, Rini Septiriani Amelia, S. Pd, mengungkapkan bahwa Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan.

" Pendidikan dapat diperoleh dari usia dini hingga usia dewasa dan pendidikan sangat penting bagi semua orang, " ungkap Rini sapaan akrabnya. 

Dikatakannya, semakin berpendidikan seseorang maka semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu  sehingga memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Pendidikan sangat berdampak besar terhadap perkembangan masa depan, tidak hanya untuk diri sendiri dan bahkan dapat berpengaruh bagi bangsa dan negara.

" Pendidikan itu dapat kita peroleh dimana saja dan kapan saja. Pendidikan itu bersifat informal, formal dan non formal, " kata Rini. 

Dijelaskan Rini, pendidikan informal bisa digambarkan sebagai pendidikan dari lingkungan keluarga sebelum seorang anak mengikuti masa sekolah. 

Pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan dapat berupa Pendidikan budi pekerti, Pendidikan agama, Pendidikan etika, Pendidikan sopan santun, Pendidikan moral dan Pendidikan sosialisasi dengan lingkungan.

" Pendidikan formal adalah Pendidikan yang dilakukan didalam suatu institusi resmi yang disebut sekolah yang terstruktur dan berjenjang, " jelas Rini. 

Ia mencontohkan, pendidikan dimulai dari  SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Dalam Pendidikan formal memiliki kelebihan yakni melatih kemampuan menghafal, menganalisa, memecahkan masalah, logika dan lainnya maka diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan akademis yang baik. 

Sedangkan Pendidikan non formal adalah Pendidikan di luar Pendidikan formal yaitu dengan cara mengikuti kursus atau bimbingan belajar, pelatihan dan lain sebagainya. 

Dengan arti bahwa jika pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dari Pendidikan formal belum memadai, maka dapat menambah ilmunya melalui Pendidikan non formal. Contohnya Lembaga kursus, les privat, dan bimbingan belajar lainnya. 

" Oleh karena itu, hendaknya kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan diri sendiri, bangsa dan negara sehingga  bisa lebih maju dan berkembang secara maksimal, " ajak Rini. 

Ia berharap dengan memiliki bekal Pendidikan yang mumpuni, seseorang memiliki kreativitas dan kemampuan diri yang siap untuk bekerja sesuai  dengan   potensi yang ada didalam dirinya untuk terus berkembang sesuai dengan zaman.

" Pendidikan terbukti bisa membuat kepribadian seseorang menjadi terbuka bahkan lebih mandiri dalam finansial, " harap Rini ( Anton ) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini