-->

Jiwa Pahlawan pada Generasi Muda harus di Tumbuhkembangkan

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, menjadi Inspektur Upacara  dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022. Foto:adpim 
PONTIANAK, Suaraborneo.id - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, menjadi Inspektur Upacara  dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh Forkopimda Kalbar, Jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar dan LVRI Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Kamis (10/11/2022).

Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya mampu menjadi semangat pada Peringatan Hari Pahlawan tahun ini dengan mengangkat tema "Pahlawanku Teladanku". Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika. 

"Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," ucap Sutarmidji saat membacakan Sambutan Mensos RI.

Kemudian, Mensos RI mengajak untuk bersama mengenang dan menghormati perjuangan para Pahlawan. Bersama membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat diimplementasikan melalui semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan.

"Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa. Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong-royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022," ungkap Sutarmidji menutup Pidatonya.

Seusai upacara, dalam sesi wawancara Gubernur Kalbar menegaskan bahwasanya hal paling penting adalah bagaimana anak muda bisa memaknai kata - kata yang diamanatkan oleh para pahlawan dalam memanage bangsa ini kedepannya.

"Jiwa pahlawan pada generasi muda harus terus di tumbuhkembangkan. Saya lebih mengutamakan peningkatan SDM, itu jawaban dari segala permasalahan. SDA bisa habis, tapi kalau SDM bagus, maka kita bisa memanfaatkan SDA tersebut dengan optimal, menjaga keutuhan negara, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tertuang dalam UUD 45,"  jelas Sutarmidji.(wnd)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini