-->

Manfaat Masker Wajah dan Cuci Tangan

Editor: Antonius
Sebarkan:

LANDAK, suaraborneo.id - Upaya pencegahan penyebaran virus  diwajibkan memakai masker wajah dan cuci tangan untuk menjaga kesehatan. 

dr. Apriana Clara menjelaskan dalam beberapa penelitian bahwa masker dapat membantu mencegah penyebaran virus. 

Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases, menyimpulkan masker sangat efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus apabila digunakan dengan benar. 

Studi lain yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine melaporkan hasil yang sama dalam  mengamati 400 orang yang menderita flu.   

Penelitian tersebut menemukan bahwa anggota keluarga yang sering mencuci tangan dan mengenakan masker dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 70 persen. 

Sementara studi lain menemukan hasil menjanjikan dalam menggunakan masker di luar rumah. Misalnya, peneliti dari University of Michigan melakukan percobaan pada lebih dari 1.000 siswa yang tinggal di asrama. Mereka membagi siswa ke dalam tiga kelompok, yakni siswa yang memakai masker, siswa yang memakai masker dan mempraktikkan kebersihan tangan, dan siswa yang tidak melakukan keduanya sama sekali.

 Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan masker di aula tempat tinggal dan rutin cuci tangan dengan baik dapat mengurangi risiko penyakit pada saluran pernafasan hingga 75 persen. Namun, penelitian ini tidak menemukan pengurangan gejala untuk penggunaan masker saja.Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan masker harus selalu disertai dengan mencuci tangan secara teratur.  

Masker wajah dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit pada saluran pernafasan jika dipakai dengan benar dan sering. 

Berikut adalah beberapa pedoman untuk menggunakan masker wajah yang tepat: 

1. Gunakan masker saat berada dalam jarak enam kaki atau dua meter dari orang sakit 

2.Posisikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dengan solid. Tidak ketinggalan,  disarankan tidak menyentuh masker dari awal dipakai hingga dilepas. 

3. Kenakan masker saat terserang flu. Jika tidak mengenakan masker wajah, sebaiknya kita tidak mendekati orang lain. Jika terserang flu dan perlu ke dokter, kenakan masker wajah untuk melindungi orang lain di ruang tunggu . 

4. Setelah selesai memakai masker, buang dan cuci tangan. 

5. Jangan menggunakan kembali masker wajah yang sudah dipakai dengan tujuan untuk mengurangi risiko terserang penyakit.  

6. Agar menggunakan masker saat keluar rumah dan saat berada di lingkungan ramai untuk melindungi diri dari polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit terutama penyakit saluran pernafasan.  

Penggunaan masker wajah ini penting untuk mencegah penularan penyakit dengan tetap disertai melakukan upaya pencegahan lainnya seperti mencuci tangan dan tetap menjalankan pola hidup sehat. 

Mencuci tangan yang baik untuk mencegah penularan penyakit dilakukan dengan memakai sabun dan pada air yang mengalir. 

Waktu yang penting untuk mencuci tangan adalah:  

1. Sebelum makan ( sebelum menyiapkan makanan )

2. Setelah menggunakan kamar kecil ( setelah BAB dan atau BAK ) 

3. Setelah beraktifitas 

4. Setelah batuk atau bersin 

5. Setelah berada di tempat umum 

6. Setiap kali tangan kita kotor 

Hal-hal penting ini dapat dimanfaatkan dengan teratur dalam mencegah dan menjaga kesehatan. (Opn). 


Penulis : Clara


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini