-->

Kader Posyandu Ujung Tombak Dalam Pencegahan Stunting

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Kegiatan Jambore Kader Posyandu Perbatasan di Badau. Foto:hmp
Kapuas Hulu, Kalbar - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menghadiri Jambore Kader Posyandu Perbatasan di Badau. Kegiatan ini bertemakan "Kader Posyandu Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Stunting. Rabu (07/09/2022).

Dalam sambutannya Wahyudi Hidayat menyampaikan, sebagai Ketua Pencegahan Stunting memberikan apresiasi kegiatan Jambore Kader Posyandu. 

"Selaku Wakil Bupati Kapuas Hulu sekaligus ketua pencegahan stunting sangat mengapresiasi kegitan ini terselenggara semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya dalam upaya penurunan stunting yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu ini," ujarnya. 

Wahyudi Hidayat juga menyampaikan, Kader Posyandu memiliki peran yang sangat penting sebagai ujung tombak dari semua kegiatan posyandu, salah satunya pencegahan stunting.

"Salah satunya pencegahan stunting, seperti yang kita ketahui keadaan gizi masyarakat indonesia pada saat ini masih belum mengembirakan, satu diantara masalah tersebut adalah stunting (pendek). Masalah stunting merupakan masalah bersama yang harus kita hadapi, pemenuhan kebutuhan gizi diawal kehamilan hingga bayi berumur 2 tahun atau kita kenal seribu hari pertama kehidupan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu," jelasnya. 

Wahyudi Hidayat juga menambahkan jika pentingnya peran orang tua dan tenaga kesehatan dalam menangani dan mengatasi stunting.

"Peran orang tua sangat penting yaitu dengan pembertian asi eksklusif, asi yang tepat, menjaga hygienis sanitasi agar sejak dini balita mendapatkan asupan gizi yang cukup dan terhindar dari penyakit infeksi, sedangkan peran tenaga kesehatan juga tidak kalah penting seperti bidan dan kader posyandu yaitu mengingatkan dan menyadarkan orang tua untuk melakukan hal tersebut, sosialisasi edukasi gizi kesehatan kepada ibu hamil dan orang tua balita," pungkasnya. (hmp/fd) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini