-->

TPU di Sintang Masih Minim

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Minimnya lahan pemakaman di Kabupaten Sintang mendapatkan perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman mengungkapkan, dilihat dari jumlah masyarakat Kabupaten Sintang maka lahan untuk pemakaman di Bumi Senentang ini masih sangat kurang.

“Terbatasnya lahan pemakaman di Kabupaten Sintang jika dibanding dengan jumlah masyarakat masih sangat kurang,” ujarnya 

Untuk itu, DPRD Kabupaten Sintang merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk dapat melakukan pengusulan dan pengadaan secara berkesinambungan dengan melihat skala prioritas.

“Semakin sulitnya lahan untuk pemakaman kami harap Pemkab bisa mengusulkan atau menganggarkan hal tersebut, yang tentunya harus diikuti dengan skala prioritas,” harapnya 

Untuk tempat pemakaman, Sudir melihat sudah terancam sempit. Menurut dia, ada beberapa alternatif solusi terkait semakin minimnya lahan pemakaman ini yakni, pindah dari lokasi yang sudah ada atau, menambah lahan di tempat yang sama.

“Hal ini sebetulnya tidaklah mudah. Kaitannya dengan harga lahan yang mahal dan lokasi yang sulit dicari. Tetapi pemakaman tetap harus bisa menjadi prioritas,” ungkapnya.

Selain itu, Politisi Demokrat ini juga meminta pada pengembang perumahan untuk ikut memikirkan ketersediaan areal pemakaman.

“Kita minta tidak hanya membangun perumahan dan mengeruk keuntungan namun tidak berkontribusi terhadap keberadaan lahan pemakaman bagi warga yang tinggal di perumahan itu,” tegasnya 

Sementara itu, Jacka salah satu warga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk segera melakukan peninjauan dan mengambil langkah antisipasi sehingga lahan untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang saat ini dinilai sudah semakin menipis bisa diatasi.

“Ada pemakaman yang memang saat ini sudah penuh khususnya untuk pemakaman Muslim. Ini harus menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Sintang dari jauh hari. Dengan demikian, permasalahan mengenai ketiadaan lahan untuk TPU akan terjawab,” pungkasnya.(**) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini