-->


Penandatanganan MoU Kerjasama Pengelolaan Keuangan Pusat dan Daerah Kabupaten Sanggau

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Penandatanganan MoU kerjasama pengelolaan keuangan pusat dan daerah serta koordinasi percepatan penyaluran TKDD tahun anggaran 2022
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Menindak lanjuti Surat Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Nomor: S-542/ WPB.17/2022 Tanggal 13 April 2022, Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan penandatanganan MoU kerjasama pengelolaan keuangan pusat dan daerah serta koordinasi percepatan penyaluran TKDD tahun anggaran 2022 kepada SKPD penerima dana transfer Kabupaten Saggau tahun anggaran di tandatangani langsung oleh Paolus Hadi Bupati Sanggau, perwakilan pemerintah pusat MoU di tandatangani oleh Imik Eko Putro Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat. Selasa, (19/4/2022) kemarin. 

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, pentingnya sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah di dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan Daerah.

"Namun terkadang banyak hal yang menjadi kendala di dalam memonitoroling penggunaan dana tersebut, contohnya dana BOS Kepala Daerah sulit untuk memonitoring penggunaan dana BOS, dikarnakan dana BOS itu tidak melalui pemerintah daerah dalam penyaluranya, melainkan dana itu di salurkan langsung kepada Kepala Sekolah penerima dana BOS, dan tidak melalui Daerah," terang Bupati Sanggau.

Paolus Hadi menyebut, bukan cuma dana BOS yang sulit di monitoring penggunaanya oleh Pemkab Sanggau, masih ada anggaran pemerintah pusat yang langsung di salurkan ke penerima tanpa melalui pemerintah daerah. 

"Dan itu mengurangi pungsi pemerintah daerah dalam memonitoroling anggaran pemerintah pusat di daerah," tandasnya.

Dalam kesempatanya, Imik Eko Putro Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan, terimakasih atas penandatangana MoU antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kabupaten Sanggau.

"Dengan MoU ini diharapkan dapat menambah hubungan lebih intens antara Pemkab Sanggau dan Pemerintah Pusat," jelasnya.

Selain Itu, Imik Eko Putro menyebut PAD Kabupaten Sanggau di setiap tahun mengalami kenaikan, sektor perkebunan, perikanan dan usaha kecil sangat mebantu dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sanggau.

Kakanwil mengatakan, anggaran perbelanjaan daerah yang sudah ada harus segera di belanjakan, demi mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di Kabupaten Sanggau, tandasnya. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini