-->


Masih Banyak Desa Belum Teraliri Listrik Negara

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward.
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengakui masih banyak desa di Bumi Senentang belum teraliri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Bahkan di Kecamatan Sintang yang merupakan ibukota kabupaten, masih ada beberapa desa yang belum teraliri listrik.

“Masalah listrik ini memang sangat penting. Karena, listrik sangat dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Makanya, kita sangat berharap agar PLN bisa mengaliri listrik ke semua desa,” kata Jeffray kepada wartawan belum lama ini.

Jeffray menilai hadirnya listrik di desa-desa selain diperlukan masyarakat untuk beraktivitas, juga untuk mendukung kegiatan belajar siswa.

“Siswa belajar tentu perlu penerangan. Kalau listrik tidak ada, tentu siswa akan kesulitan. Kalau listrik sudah tersedia, mereka tentu sangat terbantu. Bisa belajar kapan saja pada malam hari,” kata dia

Oleh karena itu, Politisi Partai PDI Perjuangan ini berharap agar pemerintah daerah bisa membantu agar desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang bisa teraliri listrik PLN.

Jeffray menyebut, khusus untuk Kecamatan Sintang, ada beberapa desa yang belum teraliri listrik. Seperti Desa Lalang Baru, Batu Lalau dan lainnya.

“Mungkin setiap desa bisa mengajukan melalui Kades ke PLN,” tutupnya.

Sementara, Sudirman juga meminta kepada pemerintah agar bisa merealisasikan listrik masuk desa. Paling tidak, dalam setahun dua atau tiga desa bisa teraliri listrik. Sehingga lama kelamaan akan tercover semua.

“Kalau belum, yang harus dipikirkan adalah bagaimana untuk mengakodir pemenuhan listrik dengan membantu masyarakat membangun PLTMH,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada empat desa yang sedang dilakukan pembangunan jaringan listrik desa, yaitu Desa Tanjung Perada, Desa Penjernang, Desa Empaka Kebiau Raya dan Desa Ampar Bedang.

Untuk listrik yang sudah menyala di Desa Penjernang dan Desa Empaka Kebiau Raya. Sementara di Desa Tanjung Perada dan Desa Ampar Bedang pekerjaan pembangunan jaringan listrik sedang berjalan. (tm).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini