-->

Markus Jembari: Untuk Merealisasikan Pembangunan yang Ada, Tingkatkan PAD

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Markus Jembari. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari mengingatkan Pemerintah melalui organisasi perangkat daerah untuk lebih serius menggali potensi-potensi sumber pendapatan asli daerah. Misal, di sektor pajak dan retribusi yang saat ini dinilai belum maksimal. 

Menurutnya, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sintang dinilai masih minim. DPRD Sintang pun menuntut agar pemerintah kabupaten Sintang lebih serius dan kreatif menggali potensi daerah yang ada untuk meningkatkan PAD.

“Yang jadi catatan kami, PAD Sintang yang masih minim, jadi kedepan Pemerintah Kabupaten Sintang harus lebih giat lagi ditahun berikutnya,” ujarnya 

Lanjut politisi Demokrat ini, banyak potensi yang ada yang belum benar-benar tergali secara maksimal. Banyak potensi yang sebenarnya jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan pendapatan bagi daerah. Peningkatan PAD kata dia, perlu dilakukan untuk membangun kemandirian daerah serta mengurangi ketergantungan anggaran dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Dikatakannya, Pemkab seharusnya tidak selalu bergantung pada bantuan pemerintah pusat dan provinsi. Sebab, saat ini kondisi keuangan negara juga sedang menurun. Sehingga, bantuan keuangan baik itu dari APBN maupun provinsi juga berkurang.

“Kalau berharap Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan bantuan provinsi, itu juga terbatas. Nah, kalau tidak ada upaya dari pemkab menggali potensi untuk pendapatan daerah, tentu banyak kegiatan yang tidak terlaksana,” tegasnya.

Jadi dengan adanya Pendapatan Daerah maka, kita yakin pembangunan di Kabupaten Sintang pasti meningkat dan begitu juga sebaliknya, jika pendapatan asli daerah tidak terealisasi maka pembangunan juga terhambat.

“Jadi jalan satu-satunya untuk merealisasikan pembangunan yang ada ya, tingkatkan PAD kita,” pungkasnya. **

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini