Kecamatan Kumpai Raya akan Dimekarkan

Sebarkan:

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. (Foto : ist) 
Kubu Raya Kalbar,  Suaraborneo.id - Pemerintah Daerah Kubu Raya melaksanakan ekspose percepatan pemekaran Kecamatan Kumpai Raya yang dipimpin langsung oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, diruang rapat Bupati Selasa, (26/04/22) kemarin. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Setda Kabupaten Kubu Raya, Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Kepala OPD terkait, Kepala Desa se-Kecamatan Sugai Raya, Camat Sungai Raya, dan tamu Undangan. 

Rencana pemekaran Kecamatan Sungai Raya ini direncanakan pada bulan Juni mendatang mencakup 11 desa di Kubu Raya, dengan adanya pemekaran nantinya Bupati Muda Mahendrawan berharap Kecamatan Kumpai Raya akan mengalami kemajuan sehingga percepatan-percepatan pembangunan dapat dilakukan.

“Saat ini semua tahapan sudah selesai semuanya dan tidak ada masalah dan setelah lebaran kita akan langsung masukan Raperda-nya ke DPRD ya, kita udah sepakati nanti kita tinggal DPRD tindaklanjuti karena saya rasa sudah konferhensif semua dokumen, semua syarat apalagi kalau Sungai Raya ini penduduknya sebanyak 236.000 jumlah ini sudah hampir sama dengan beberapa Kabupaten di Kalimantan barat,”ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Muda menambahkan dengan adanya pemekaran kecamatan Kumpai Raya akan mempermudah setiap kegiatan ataupun program yang akan dilaksanakan seperti dalam hal Pemilu. 

“Saya kira dengan jumlah penduduk yang besar tentunya akan berpengaruh terhadap kegiatan seperti pemilu, kemudian fokus-fokus kita dalam perencanaan pembangunan itu juga nanti bisa berdampak lagi,”tambahnya.

Sementara, Anggota DPRD kabupaten Kubu Raya, Jainal Abidin, menyebut selain Kumpai Raya, ada beberapa kecamatan yang juga rencananya akan di mekarkan dan  pihaknya menyambut baik terhadap rencana pemekaran kecamatan Kumpai Raya dan akan membahas serta mengawal semua proses yang akan ditempuh.

“Berkaitan dengan penatan kecamatan ini kan masuk didalam formulasi terbuka tahun 2023 dan hanya 3 kecamatan nantinya yang akan kita mekarkan, pertama kecamatan Sungai Raya, kedua Kecamatan Batu  Ampar dan ketiga pembentukan kecamatan Kerta Mulia, dan berkaitan dengan pemekaran kecamatan Kumpai Raya sudah kita lakukan rapat dan alhamdulilah tinggal kita bahas saja Raperda-nya ke DPRD, kami akan siap untuk membahas, dan menyepakati sehingga nantinya Raperda Kecamatan Sungai Raya menjadi Kecamatan Kumpai Raya,’’ pungkasnya. (eka)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini