-->

Generasi Muda Harus Berjiwa Wira Swasta Peluang Masih Banyak

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny. 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny, meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait untuk menyiapkan generasi muda berjiwa wirausaha. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah pendidikan keterampilan.

Karena menurutnya, selama ini generasi sekarang yang berjiwa wirausaha masih sangat minim sebab orientasi mereka begitu selesai kuliah ingin masuk ASN. Padahal, hal tersebut berbanding terbalik dengan peluang kerja untuk menjadi ASN.

“Untuk masuk ASN saja kita harus bersaing dengn orang luar. Sementara peluang untuk menjadi ASN sangat sulit. Jadi generasi muda harus berjiwa wiraswasta sebab peluangnya masih banyak,” kata Ronny, Selasa (19/4/2022). 

Sejauh ini, kata Ronny, masyarakat masih menganggap pendidikan formal lebih penting dari pada pendidikan keterampilan sehingga membuat generasi muda lebih banyak sebagai pencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja.

“Nah, kedepan mainsed seperti ini harus dirubah sehingga peluang untuk menciptakan lapangan kerja sebakin terbuka lebar, sehingga generasi kita tidak banyak yang pengganguran,” ungkapnya.

Selain itu, Politisi Partai Nasdem ini juga mengapresiasi OPD yang selama ini telah melaksanakan pelatihan diberbagai bidang. Hal tersebut menurutnya perlu ditingkatkan kembali.

“Supaya, kedepan minat genersi muda semakin meningkat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,” jelasnya.

Ronny juga mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi sangat penting untuk menyiapkan tenaga kerja dengan pengetahuan, terampil, dan sikap kerja, sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri atau pengguna tenaga kerja.

“Pelatihan yang dilakukan oleh lembaga pelatihan, baik milik pemerintah, seperti Balai Latihan Kerja (BLK) maupun swasta harus didesain sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja,” pinta Ronny.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Sintang mengatakan pihaknya akan memperbaiki menajemen dan kurikulum Balai Latihan Kerja ke yang lebih modern.

“Disnakertrans juga akan menyiapkan tenaga kerja yang lebih banyak dan lebih berkhualitas.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan SDM di Sintang ini,” pungkasnya.(tm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini