-->


Anastasia: Jadilah Wanita Berkarier Baik dan Sukses Sebagai Kartini Muda

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dari Fraksi Partai Nasdem, Anastasia. (Foto:Beni). 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Sebagai salah seorang Kartini muda, wanita yang berkecipung di dunia politik dan menjadi perpanjangan tangan kepercayaan masyarakat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dari Fraksi Partai Nasdem, Anastasia mengucapkan selamat memperingati hari Kartini 21 April 2022.

"Selamat memperingati hari Kartini 21 April 2022, semoga kita semua kaum wanita bisa mengikuti jejak semangat perjuangan Raden Adjeng Kartini. Kita para kaum wanita beruntung sebab R.A Kartini telah menyelamatkan, mengangkat harkat dan martabat (kesetaraan) kita para wanita. Sehingga kita bisa setara dengan kaum pria. Kita bebas menempuh pendidikan, kita bebas memilih pekerjaan. Kita tidak hanya di khususkan menjadi ibu rumah tangga dengan tugas di dapur memasak dan mengurus anak saja," kata Anastasia kepada media ini, Kamis (21/04/22).

Masih kata Anastasia, setelah perjuangan R.A kartini para kaum wanita tentunya merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. Lihatlah banyak contoh baik di negara kita, banyak wanita yang memiliki karir dan pekerjaan yang bagus. Bahkan wanita bisa menjadi pemimpin. Menjadi presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti mantan Presiden kita ibu Megawati Soekarno Putri.

Lanjutnya lagi, R.A Kartini pernah menulis buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, buku tersebut adalah buku kumpulan surat yang ditulis oleh Kartini. Kumpulan surat tersebut dibukukan oleh J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht. Setelah Kartini wafat, J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa.

"Buku Habis Gelap Terbitlah Terang tentunya bukanlah sembarang buku yang ditulis tanpa adanya sebuah arti. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang tentunya memiliki arti tersendiri. Kalau menurut pandangan saya arti dari buku tersebut adalah, kita sebagai kaum wanita tidak boleh selamanya terpuruk dalam kegelapan, kita tidak boleh dikenal hanya sebagai ibu rumah tangga yang kerjaannya hanya mengurus suami, rumah, dapur memasak dan mengurus anak saja. Melainkan kita harus menjadi wanita yang berpendidikan dan wanita berkarir yang bisa berkecimpung dengan baik di dunia kerja. Tentunya harus menjadi wanita sukses,"  jelasnya 

Tambahnya lagi, sebab menjadi wanita cantik saja bukanlah modal yang cukup. Kamu perlu menjadi seseorang yang memiliki budi pekerti yang baik, taat dengan Tuhan mu dan menjadi pribadi yang berguna untuk banyak orang.

"Sekali lagi saya mengucapkan Selamat Hari Kartini, jadilah wanita yang berparas cantik, berbudi pekerti baik, jadilah wanita berkarir baik dan sukses sebagai kartini muda masa kini. Kita kaum perempuan pasti bisa,"  tutupnya. (tim). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini