-->

Wabup Sanggau Panen Padi Perdana di Desa Tunggal Bhakti

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Panen padi perdana 

Sanggau Kalbar, suaraborneo.id – Didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanaan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Sanggau, Kubin, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot melakukan panen perdana padi VUB Balitbangtan Demfarm VUB padi khusus dan VUB padi spesifik lokasi Kalimantan Barat di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, (15/7).


Hadir dalam kesempatan tersebut Komisi IV DPR RI, Yessy Melania, Kepala Balai Pengkajian Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat, Kementerian Pertanian RI, Rustam Massinai, Kadis Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Sanggau, Syafriansyah, Forkompimcam, Kepala Desa Tunggal Bhakti, Wiji, serta Kelompok Tani Karya Mandiri dan Kelompok Tani Jaya.


Kepala Balai Pengkajian Pertanian Kalimantan Barat, Kementerian Pertanian RI, Rustam Massinai kepada wartawan menyampaikan, jenis padi varietas Inpari 37 dapat meningkatkan hasil pertanian.


“Hasil panen meningkat, Ini berasnya disenangi karena mirip dengan inpari 32 jenis pulen, ini juga perdana di Kalimantan Barat karena memang yang pertama ditanam itu di Kabupaten Sanggau. Ada lima lokasi yang kita lakukan penanamannya yakni Sanggau, Sambas, Mempawah, Landak dan Kubu Raya,” ujarnya.


Rustam berharap, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau bisa mengembangkan varietas ini.


“Dan kepada kelompok tani agar bisa mengembangkan varietas yang baru untuk menjadikan pengganti Inpari 32 yang memang katanya ada bermasalah dengan tanaman lain, sehingga mari kita manfaatkan dengan baik varietas Inpari 36 dan Inpari 37 ini,” harapnya.


Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengaku senang bisa menyaksikan peningkatan hasil pertanian yang cukup tinggi.


“Hasil panen kita pada hari ini berkisar 7,3 ton perhektar dan harapan kita nanti kedepan varietas ini kita kembangkan untuk Kabupaten Sanggau dan varietas inilah yang mampu mengangkat hasil para petani,” ujar Ontot.


Ontot berharap, peningkatan hasil pertanian ini diharapkan menjadikan Sanggau tempat atau parometer ukuran keberhasilan yang sudah dilakukan.


"Mudah-mudahan Sanggau dapat menjadi contoh sekaligus pilot project untuk kabupaten yang ada di Kalimantan Barat," harapnya.


Sementara itu, Plt Kadishangpang Hortikan Sanggau, Kubin berjanji akan mengrmbangkan varietas ini untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini