Pemprov Kalbar Gratiskan Test GeNose C-19 Terhadap Santri

Sebarkan:

Proses Test Genose C19 di Bandara Supadio Pontianak Terhadap Santri, Jumat (21/5) Pagi

PONTIANAK, suaraborneo.id – Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat yang juga Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, melalui Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson menyampaikan, mulai Jumat (21/5/2021) Satgas Covid-19 Kalbar memberikan test usap atau GeNose terhadap santri secara gratis.


Tets tersebut diberikan kepada santri asal Kalimantan Barat yang hendak kembali ke pondok di luar Kalbar, dimana Pelayanan Test GeNose ini dilaksanakan di Bandara Internasional Supadio Pontianak.


Hal ini juga sesuai dengan Addendum SE Kasatgas Pusat Nomor 13 tahun 2021 dimana pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan salah satunya surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.


“Mulai hari ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat diminta oleh Ketua Satgas Penanganan Covid Kalbar, Bapak Gubernur Kalbar untuk melaksanakan test GeNose gratis bagi santri yang akan kembali mondok ke luar Kalbar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson, Jumat (21/5/2021) pagi.


Untuki hari ini, Kata Harisson, dilaksanakan test terhadap santri calon penumpang pesawat udara sebanyak 142 orang yang berasal dari Pondok Pesantren Gontor Jatim.


Diharapkan melalui kebijakan ini akan meringankan biaya para santri untuk kembali mondok di luar Kalbar. 


“Kita berharap agar mereka semua negatif sehingga dapat terbang ke Jawa atau ke daerah lain tempat mereka nyantri. Makanya kami melaksanakan pelayanan test GeNose C19 gratis bagi santri yang akan terbang di Supadio. Tidak dilakukan di tempat lain,” pungkasnya. (TN) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini