Penanganan Covid-19 di Sanggau dinilai Sudah Cukup Baik

Sebarkan:


SANGGAU, suaraborneo.id - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson memuji penanganan Covid-19 yang dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Sanggau. Menurutnya, penanganan yang dilakukan Satgas Covid-19 di Sanggau sudah cukup baik.


"Saya hari ini berkunjung ke Sanggau dan Sintang. Di Sanggau ini saya lihat langsung kira-kira langkah apa yang sudah dilakukan Satgas Kabupaten Sanggau. Penanganan Covid-19 di Sanggau saya lihat sudah cukup baik," ujar Harisson saat meninjau rumah isolasi Covid-19 di Sanggau Permai, Kamis (15/4) sore didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting dan Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka.


Salah satu indikasi baiknya penanganan Covid di Sanggau, kata Harisson adalah tersedianya rumah atau mess isolasi yang disiapkan Pemerintah Daerah.


"Inikan rumah isolasi yang disiapkan untuk kasus terkonfirmasi positif. Ada yang di rumah itu satu keluarga yang positif disitu semua dan ada yang dua orang dalam satu rumah. Penjagaan disinipun saya lihat sangat baik," ujar Harisson


Disiapkannya rumah atau mess isolasi ini, kata Harisson agar orang yang terkonfirmasi positif tidak menularkan virus kepada orang lain.


"Untuk yang corona virusnya tinggi Pemkab juga saya lihat sudah melakukan isolasi mandiri. Untuk razia-raziapun sudah dilakukan. Dan untuk masyarakat Sanggau tadi saya lihat sepanjang jalan sudah cukup patuh dalam memakai masker," ungkapnya.


Sementara untuk pasien yang ditangani dirumah sakit, diakui Harisson memang ada beberapa kendala. Diantaranya ada beberapa obat yang masih kurang sehingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah memberikan bantuan. Bantuan tersebut diantaranya obat antivirus Remdesivir Injeksi  sebanyak 112 vial dan obat vitamin dan multivitamin.


"Nanti akan kita kirim lagi kalau masih kekurangan. Saya harapkan juga Satgas Covid-19 Kabupaten Sanggau dapat memenuhi obat-obatan untuk perawatan pasien di rumah sakit MTh Djaman dan di Dinas Kesehatan Sanggau," terangnya.


Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting menyampaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Sanggau totalnya 615 orang.


"Dari data itu ada peningkatan kasus yang cukup signifikan. Dari 615 orang itu, 87 orang diantaranya masih dalam proses penyembuhan dan menjalani isolasi. Diantara 87 itu, 67 isolasi mandiri di rumah masing-masing dan sisanya 18 orang diisolasi di mess isolasi mess pemda, dan dua orang dirawat di Rumah Sakit karena ada gejala yang sedang maupun berat," ungkap Ginting. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini