Teten Masduki Sebut Banyak Produk UMKM Sekadau Bisa Masuk Pasar Global

Sebarkan:

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki saat meresmikan gedung UMKM Kabupaten Sekadau 

SEKADAU, suaraborneo.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan gedung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Sabtu (27/3/2021).


Peresmian gedung UMKM diawali dengan pengalungan kain syal khas dayak oleh Plh Bupati Sekadau Frans Zeno, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Selanjutnya langsung meninjau gedung tersebut.


Setelah meninjau gedung UMKM, Teten Masduki mengatakan, banyak produk UMKM yang ada di Kabupeten Sekadau cukup bagus dan bisa masuk untuk ke pasar nasional dan global, yang didukung oleh bahan baku lokal.


"Tadi saya sudah banyak melihat prodak UMKM yang cukup bagus, bisa masuk ke pasar nasional dan global, dan ada beberapa yang akan saya indikasikan ke pasar global. Dan ada beberapa aspek catatan seperti kemasan yang dimana brandingnya masih sederhana, padahal produknya sangat bagus," katanya.


Selain itu, ia juga mengapresiasi terhadap adanya Market Place lokal, dimana pada saat ini yang sedang berkembang.


"Kami sudah ada Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan UMKM disini. Dan saya kira ini akan kita kembangkan terus menerus seperti pendidikan dan pelatihan terhadap UMKM," ujarnya 


Di jelaskan, Sekadau mempunyai potensi yang cukup besar untuk UMKM baik yang sudah tergali, maupun yang belum tergali.


"Misalnya anyaman yang berbasis rotan, pisang kepok dan disini adalah gudangnya, dan berpotensi untuk dikembangkan, beras hitam organik, dan bidai," pungkasnya. (tim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini