-->

Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Sungai Tebelian Sintang

Editor: Redaksi
Sebarkan:
SINTANG, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sintangz Askiman juga sebagai Wakil Ketua I Tim Gugus Tugas pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memimpin Sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Tebelian kabupaten Sintang, Senin (04/05/2020).

Pada kesempatan ini, Askiman menyampaikan prosedur dan tata cara yang baik dalam pencegahan Covid-19 terutama di kecamatan Sungai Tebelian yang sangat strategis dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Melawi serta merupakan lintasan jalan nasional untuk menuju ke sektor perkotaan. 

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada pimpinan kecamatan dan semua jajarannya karena kita cepat tanggap untuk memulangkan warga negara asing yang datang, kita harus sigap dalam menjaga lingkungan bahkan kesehatan kita masing-masing agar terhindar dari wabah yang menimpa bumi kita pada saat ini, taat mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan untuk keluar rumah," ungkapnya. 

Askiman juga meminta kepada seluruh Kepala Desa yang hadir pada sosialisasi Covid-19 untuk mengajak seluruh masyarakat mentaati imbauan dari pemerintah supaya tidak pergi ketempat ibadah, baik yang beragama Islam, Katolik dan yang beragama lain. "Rumah ibadah yang sesungguhnya adalah iman yang ada pada diri kita sendiri, agar kita semua dapat memahami bahwa perjumpaan dan komunikasi kita terhadap Tuhan tidak hanya ditempat ibadah. Imbauan ini dibuat bukan bermaksud untuk melarang kita beribadah, akan tetapi untuk membantu memutuskan mata rantai dari pada Covid-19," jelasnya. 

Selain itu juga, Askiman memberikan saran untuk dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi terutama vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Menyemprot rumah, mengepel rumah minimal satu kali sehari dan menyiapkan tempat cuci tangan adalah salah satu langkah untuk mencegah Covid-19, mengkonsumsi air jahe, air sirih serta air kunyit juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita dan yang terakhir jangan lupa berjemur pada pagi hari untuk menjaga imun kita,” pesan Askiman.

Sementara itu, Camat Sungai Tebelian Ramli Andoi menjelaskan, di kecamatan Sungai Tebelian sudah memiliki dua posko, yang pertama posko kesehatan terletak di Puskesmas Pandan, lalu yang kedua posko penampungan informasi laporan di Simpang Pinoh. 

“Jika ada masyarakat yang ingin melaporkan secara online, kita sudah mencantumkan nomor handphone seorang dokter dengan harapan jika ada pendatang kita bisa melaporkan secara online ataupun lansung melaporkan diri ke posko yang sudah disediakan," ujarnya. (*) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini