-->

Pemakaman Jenazah PDP di Sukamara Kalteng

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Pemakaman Jenazah 
SUKAMARA KALTENG, suaraborneo.id - Minggu (30/5/20) Personel Koramil 1014-06/Sukamara melaksanakan pemakaman warga yang meninggal dunia dengan status PDP di Desa Kertamulya, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Hazmat, 9 personel Koramil 06/Sukamara memakamkan 1 orang jenazah Pasien PDP berinisial Y (39 th) asal Desa Kertamulya, Kecamatan Sukamara yang meninggal dunia pada hari Sabtu (30/5) kemarin dan dimakamkan sesuai prosedur SOP Covid-19.

Dalam mesempatan tersebut, Danramil 1014-06/Sukamara, Lettu Inf Dimyadi menyampaikan, pihaknya sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah dihubungi oleh pihak Tim Medis RSUD agar menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO untuk PDP warga Desa Kertamulya.

Ia menambahkan, tim pemakaman merupakan Personel Koramil 06/Sukamara yang memang sudah disiapkan sebelumnya. Sementara yang terlibat dalam pemulasaraan jasad jenazah PDP adalah tim medis Rumah Sakit Umum Daerah Sukamara.

"Dokter dan tim medis di rumah sakit yang lakukan pemulasaraan jenazah, sedangkan personel dari Koramil yang menjadi tim pemakaman," ujarnya. 

Ia menambahkan, usai melakukan semua rangkaian pemakaman, seluruh APD langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. Sementara personel dipastikan tetap steril sebelum kembali bertugas.

"APD yang digunakan saat pemakaman langsung dibakar, kemudian yang terlibat dalam pemakaman disterilkan dengan bahan disinfektan," ujarnya.

Lettu Inf Dimyadi mengimbau kepada masyarakat, dengan adanya kasus pertama ini, untuk selalu memastikan diri tetap sehat serta membatasi aktivitas diluar rumah. 

Kepala BPDB Kabupaten Sukamara, Drs Syarif Hidayat mengatakan, pasien yang di diagnosa sebagai PDP karena mengalami pneumonia atau sakit paru-paru dan sesak nafas. Setelah mendapat perawatan isolasi di rumah sakit, nyawa pasien tidak terselamatkan dan meninggal dunia.

Selanjutnya Syarif mengatakan, pasien berasal dari Desa Kertamulya tersebut telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kabupaten Sukamara sebagai rumah sakit penyangga untuk penanganan Covid-19. 

"Terimaksih banyak kami ucapkan kepada Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto yang telah mempersiapkan personel jajaran khususnya Koramil 1014-06/Sukamara dalam menangani jenazah PDP di Kabupaten Sukamara," ucap Syarif Hidayat. (Pendam XII/Tpr)*
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini