Lima Warga Sanggau Reaktif Usai Jalani Rapid Test

Editor: Redaksi
Foto: Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu
SANGGAU, suaraborneo.id - Sebanyak 103 orang warga Sanggau telah menjalani rapid test. Dari jumlah tersebut, lima orang diantaranya dinyatakan reaktif. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 yang juga Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Sarimin Sitepu kepada wartawan, Minggu (19/4).

"Hasilnya 5 orang reaktif dan 98 nonreaktif. Riwayatnya sering kontak dengan pasien umum," ungkapnya.

Terhadap yang reaktif, lanjut Sarimin, akan menjalankan isolasi mandiri dan sudah diedukasi. Kemudian baru dilaksanakan lagi tes lanjutan. 

"Dalam Minggu ini juga akan dilakukan tes lanjutannya," ujarnya.

Ditambahkan Sarimin, dalam Minggu-minggu ini pihaknya juga akan mulai melakukan Rapid Tes3 di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

"Besok sudah mulai. Kita harapkan minggu ini sudah dapat hasil yang maksimal dalam screening dengan menggunakan Rapid Tes," tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sanggau Yulianto menyambut baik rapid test yang dilakukan gugus tugas. Ia meminta agar orang - orang yang masuk dalam kategori ODP bisa dilakukan rapid test.

"Kalau bisa, mereka yang ODP itu di rapid test. Karena mereka pernah melakukan interaksi diluar dan berpotensi terkontaminasi virus. Rapid test ini untuk jaga - jaga, meskipun tidak semua yang ODP itu melakukan interaksi dengan orang - orang yang terjangkit, inikan bentuk pencegahan saja," harap politisi Hanura Sanggau itu.

"Saya imbau supaya yang reaktif ini melakukan isolasi mandiri atas kesadaran sendiri. Jangan lagi melakukan aktifitas di luar rumah, apapun bentuknya," tambahnya.

Kepada pihak Gugus tugas, Yulianto berharap agar dinas kesehatan melakukan kontrol super ketat kepada orang - orang yang reaktif karena mereka sudah memiliki kandungan virus di dalam tubuhnya.

"Saya minta mereka dikontrol benar. Jangan sampai mereka melakukan aktifitas di luar. Kalau mereka berani melanggar saya minta ditindao tegas," harapnya tegas. (Bry)
Share:
Komentar

Berita Terkini