Siswa SMA Landak Ikut lomba KSN Tingkat Kabupaten

Editor: suaraborneo.id author photo
Siswa SMA Landak saat mengikuti upacara bendera di halaman persekolahan Maniamas Ngabang sebelum mengikuti KSN
LANDAK, suaraborneo.id -  468 Siswa dari 43 SMA yang ada di Kabupaten Landak mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di persekolahan SMA Maniamas Ngabang, Selasa (10/03/2020).

Sebelum dilaksanakan KSN terlebih dahulu dilaksanakan upacara bendera di halaman SMA Maniamas Ngabang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Barat, Ketua MKKS SMA Kabupaten Landak, Kepala Sekolah SMA Kabupaten Landak, Pengawas Ruang KSN Tahun 2020, Pendamping dari masing-masing Sekolah dan seluruh Siswa-siswi Peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat SMA SeKabupaten Landak.
Para guru saat mengikuti upacara bendera sebelum memulai kegiatan KSN

Ketua MKKS kabupaten Landak,  Thomas Edison, berharap dengan adanya kegiatan KSN ini para peserta didik yang mengikuti kompetisi dapat menjadi juara di tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi bahkan sampai tingkat Nasional.

" Dengan adanya kegiatan ini juga para peserta didik dapat termotivasi untuk memacu semangat belajar secara akademis," harap Thomas.

Ia menambahkan, dasar pelaksanaan kegiatan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Juknis Lomba OSN tahun 2020, Surat Edaran Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Barat tentang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2020, dan Surat Keputusan Ketua MKKS SMA Kabuapten Landak No:OO3/MKKS-SMA/2020, tanggal 21 Pebruari 2020. 

"Dari sejumlah peserta yang mengikuti KSN akan di ambil sampai peringkat ketiga. Dengan dasar tersebut kami harapkan pelaksanaan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar," ucap Thomas.

Hal yang sama juga diungkapkan ketua panitia KSN Urbanus, kegiatan KSN ada sembilan bidang lomba mata pelajaran, yaitu  Fisika, Kimia, Biologi. Matematika, Geografi, Ekonomi , Kebumian, Astronomi, dan Informatika/Komputer. 

Jumlah Peserta yang ikut 468 Siswa dari 43 SMA yang ada di Kabupaten Landak.
Mata pelajaran fisika 53 siswa, kimia 51 siswa, biologi 52 siswa, matematika 60 siswa, geografi 60 siswa, ekonomi 58 siswa, kebumian 49 siswa, astronomi 44 siswa, komputer 41 siswa.

"Dalam kegiatan Kompetisi ini, akan diambil peringkat 1,2 dan 3 tiap mata pelajaran yang selanjutnya akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Propinsi (Pada bulan April 2020) yang akan datang," ungkap Urbanus.

Dia berharap, dari kegiatan ini ada siswa yang maju ke tingkat provinsi dan nasional.

Kegiatan ini sudah dilaksanakan setiap tahun, dari sembilan bidang mata pelajaran itu diwakili oleh tiga orang masing-masing bidang untuk lomba di tingkat provinsi.

" Kita harapkan tidak hanya sampai di tingkat provinsi saja tapi bisa mengikuti sampai tingkat Nasional," harap Urbanus.


Penulis  : Anton
Editor    ; Asmuni






Share:
Komentar

Berita Terkini