-->

Bupati Sintang Hadiri Panutan Penyampaian SPT Tahunan

Editor: Redaksi
Sebarkan:
SINTANG, suaraborneo.id - Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri kegiatan panutan penyampaian SPT Tahunan dan penganugerahan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sintang yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Selasa, (03/03/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Sintang mengatakan, penerimaan Negara berasal dari pajak dan pajak merupakan sumber pembangunan bagi Negara. 80 persen penerimaan itu berasal dari pajak. 

"Inilah sumber pembangunan kita. Untuk di Kabupaten Sintang, pendapatan asli daerah (PAD) hanya 7 persen saja, sisa 93 persennya berasal dari dana pusat yang disalurkan kepada kita untuk membangun Kabupaten Sintang," kata Jarot.

“Seperti contoh, beberapa tahun terakhir terasa betul Negara hadir di pedalaman-pedalaman Sintang, seperti jalan parallel perbatasan, Pos Lintas Batas Negara yang berada di Sungai Kelik, perbaikan rumah tidak layak huni, penguatan tebing sungai, waterfront, pelebaran ruas jalan di kota Sintang, pembuatan drainase ditengah kota Sintang, beberapa fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Pratama dan Puskesmas, semua itu berasal dari dana APBN untuk membangun semua itu, oleh karena itu pajak perlu kita bayar," tambahnya. 

Ia menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk turut serta dan patuh dalam melaporkan SPT tahunan dan membayar pajak. ASN menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga ASN wajib melapor dan membayar pajaknya, apalagi ditopang dengan pelayanan yang saat ini sudah mudah, di era digital semuanya serba sederhana, gampang, murah, mudah diakses, cepat, jadi dengan demikian dapat mendorong tingkat penerimaan dan tingkat kepatuhan pajak bisa tercapai. 

“Kalau kita sudah menjadi panutan bagi masyarakat, baru kita bisa menghimbau kepada masyarakat secara luas, baik orang pribadi maupun dunia usaha, untuk memberikan contoh yang baik dalam menyampaikan SPT Tahunan dan dengan kegiatan ini bisa menjadi panutan bagi masyarakat luas agar taat membayar pajak, karena dengan membayar pajak dapat berkontribusi nyata dalam kehidupan bernegara, dan membayar pajak yang patuh dan tepat waktu itu adalah patriot bangsa," jelasnya. 

Jarot berharap agar para wajib pajak di Kabupaten Sintang dapat berpartisipasi lebih aktif dalam membayar pajak dan patuh menyampaikan SPT Tahunan. 

"Kita sebagai warga Negara wajib membayar pajak, karena membayar pajak merupakan kontribusi kita dalam berkehidupan bernegara, sehingga saya sering menyebut para wajib pajak yang patuh dan menyampaikan SPT tahunannya disebut Patriot Bangsa. Dengan demikian tahun depan tingkat kepatuhan dan tingkat penerimaan pajak semakin bertambah dibandingkan tahun sebelumnya," harapnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga, Bupati Sintang bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang beserta Forkopimda menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak dalam rangka telah berkontribusi untuk menyampaikan SPT tahunan dan membayar pajak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, jajaran Forkopimda, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sintang, Dudung Kurniawan, para pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (H) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini