Isu Pasien Terjangkit Virus Corona di RSUD Abdul Azis Singkawang Hoax

Editor: Redaksi
Foto: Direktur RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang, Ruchanihadi saat diwawancarai wartawan, Sabtu (1/2/2020)
SINGKAWANG, suaraborneo.id – Media sosial dihebohkan dengan salah seorang korban diruzuk ke RSUD Abdul Azis Singkawang karena terjangkit Virus Corona. Dalam postigan akun Facebook milik Dewwi Combes bahkan meminta warga agar tetap waspada, karena di Singkawang sudah terdapat korban dan di rujuk ke RSUD Abdul Azis Singkawang.

“tetap waspada. disingkawang selatan sudah ada korbannya. Rujukan mau ke rumah sakit abdul aziz singkawang,” tulis pemilik akun.

Dalam postingan pemilik akun juga memposting surat yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Direktur RSUD Abdul Azis Singkawang, Ruchanihadi serta ditandatangani dan cap basah dengan surat edaran Nomor :445/15/Yandis-A, Tentang penggunaan alat pelindung diri (masker).

Setelah menghebohkan masyarakat di dunia maya, pihak Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang memberikan klarifikasi bahwa informasi yang beredar itu adalah tidak benar alias Hoax. Berikut surat klarifikasi dari Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang.

Hal: Surat Klarifikasi

Yth
Media Cetak dan Elektronik

Bersama ini kami ingin melakukan klarifikasi informasi tentang adanya pasien yang saat ini dirawat di RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang. Telah kami lakukan konfirmasi ke pihak RS Abdul Aziz, melalui direktur dan ketua IDI yang sudah melakukan pengecekan langsung ke RS Abd Aziz. 

Bahwa Sampai saat ini RSUD dr.Abdul Aziz belum menerima dan merawat pasien suspect nCoV. 

Demikian klarifikasi dari kami. Kiranya informasi ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang.
dr. Barita P. ompusunggu, MKM

Informasi yang beredar mengenai warga yang terjangkit Virus Corona ini juga menjadi perbincangan hangat di berbagai grub WhatsApp yang tersebar luas di media sosial.

Sementara itu saat di konfirmasi, Direktur RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang, Ruchanihadi menegaskan, jika informasi itu adalah tidak benar alias hoax. Karena, sampai saat ini, pihaknya masih belum pernah menangani dan merawat pasien yang terkena Virus Corona maupun Suspect Virus Corona. Sehingga, berita yang disebar di media sosial itu, dia tegaskan adalah tidak benar alias hoax.

“Untuk yang beredar saat ini yang saya tahu yang beredar itu tidak benar, katanya sudah ada pasien yang dirujur dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Abdul Aziz itu kami nyatakan tidak benar,” tegas Direktur RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang, Ruchanihadi. (TS).
Share:
Komentar

Berita Terkini