Cegah DBD Polres Landak Lakukan Fogging

Editor: suaraborneo.id
Sebarkan:
Petugas kesehatan bersama anggota Polres saat melakukan fogging
LANDAK,suaraborneo.id - guna mencegah terjadinya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dilingkungan Polres Landak dilakukan penyemprotan asap atau fogging oleh petugas kesehatan, Jumat (17/01/2020).

Penyaki DBD masih sering ditemukan di Landak, faktor utama penularan penyakit ini adalah nyamuk spesifik aedes aegypti, nyamuk yang memiliki siklus hidup yang dapat bertahan di daerah pedesaan maupun perkotaan.

Fogging merupakan salah satu kegiatan yang  dilakukan di Polres Landak, terutama dilingkungan kerja dan pemukiman asrama yang dianggap rawan dapat menyebarkan virus DBD. 

Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro  S.I.K. menyamapaikan bahwa untuk menghindari serangan DBD, dapat dilakukan tiga hal atau 3M, yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti kendi, vas, toren air, serta mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. 

"Selain itu juga dilakukan fogging ini juga berguna untuk menghindari wabah DBD dilingkungan Polres Landak," ujar Kapolres.

Menurutnya fogging yang dilakukan ini untuk menekan dan meminimalisir angka dari pada penyakit DBD yang disebabkan oleh kembang biaknya nyamuk, hal ini dilatarbelakangi karena nyamuk itu dapat dengan cepat berkembang biak apalagi di musim seperti ini, dan di tambah lagi dengan wilayah yang baru saja terendam banjir seperti asrama Polsek Ngabang.

" Harapan  kita semoga semua yang sehari harinya melakukan rutinitas disini dapat terhindar dari penyakit DBD serta dapat menekan tingginya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini," harap Ade Kuncoro.

Penulis : Anton
Editor    : Asmuni


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini