-->

Polres Sekadau Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2019

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius saat memeriksa kesiaoan personel dan peralatan pengamanan 
SEKADAU, suaraborneo.id - Polres Sekadau Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tahun 2019. Kegiatan digelar di halaman Mapolres Sekadau, Kamis (19/12) dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Sekadau, Pejabat tinggi Polres Sekadau, Instansi terkait, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Undangan dan Anggota Polres Sekadau. 

Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala S.I.K yang membacakan pidato Kapolri mengatakan, Apel gelar pasukan yang dilaksanakan diseluruh jajaran bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. 

Operasi lilin 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai Senin 23 Desember sampai Rabu 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek diseluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, tempat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara. 

Dalam pelaksanaanya operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain, Satpol PP, dinas Perhubungan, dinas Kesehatan, Pramuka, pemadam kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. 

"Kekuatan personel akan ditempatkan pada 1.792 pos pengamanan 745 titik pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu," kata AKBP Marupa Sagala membacakan pidato Kapolri. 

"Berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi yaitu, aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan dan pesta narkoba atau minuman keras," tambahnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah. 

"Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi lilin 2019," tutupnya. 

Usai Apel gelar pasukan 2019, Kapolres AKBP Marupa Sagala didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dan Instansi terkait memeriksa kesiapan personel dan peralatan pengamanan. 

Penulis: Tim liputan 
Editor: Asmuni 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini