Muda: Kampanye Three Ends Sejalan Dengan Visi Pemda

Editor: Redaksi
KUBU RAYA, suaraborneo.id – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Kampanye Three Ends di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (1/11). Kampanye Three Ends merupakan kegiatan sosialisasi kebijakan terkait dengan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Lebih khusus, kampanye three ends bertujuan mewujudkan komitmen dalam percepatan penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, penghapusan perdagangan manusia, dan percepatan peningkatan akses ekonomi terhadap perempuan. 

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, kampanye three ends sejalan dengan visi yang diusung Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yaitu "mewujudkan masyarakat yang bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius".

“Kalau ada kekerasan pasti tidak bahagia, kalau ada tekanan pasti kurang bahagia, kalau ada kesenjangan sudah pasti juga tidak akan bahagia dan bermartabat. Makanya visi Kabupaten Kubu Raya tentu juga sama dengan arah upaya three ends ini. Yaitu upaya untuk mengakhiri tiga hal yang sangat penting, yaitu kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan,” tuturnya saat membuka kegiatan. 

Terkait perdagangan manusia yang cukup marak, Muda menyebut hal itu tidak terlepas dari eksisting Kalimantan Barat sebagai provinsi yang memiliki lima titik perbatasan antarnegara. “Ini merupakan hal yang harus diantisipasi ke depan,” sebutnya. 

Muda mengatakan, kampanye three ends ditindaklanjuti pemerintah daerah melalui program-program pembangunan. Termasuk kegiatan kampanye di kantor bupati, menurut dia, merupakan momentum menyatukan tekad untuk terus memperkuat program-program pemberdayaan perempuan dan anak. 

“Dan Alhamdulillah, sejak dulu kita telah membuktikan bagaimana pemberdayaan dan penguatan perempuan dan anak telah dilakukan di Kubu Raya. Adapun terkait kesenjangan ekonomi, tentu ini menjadi tugas kita untuk memperkuat rumah tangga-rumah tangga yang ada di perdesaan yang sebagian besar dalam kehidupan yang rentan. Baik perempuannya maupun rumah tangga yang rentan,” tuturnya.

Muda menyatakan, ke depan akan melakukan pendataan dengan melibatkan berbagai unsur terkait. Menurutnya, penguatan data bedah rumah tangga menjadi proses yang wajib dilakukan. Sehingga dapat diketahui kondisi riil sekaligus formula solusi yang tepat untuk menanganinya. 

“Agar lebih tepat memberikan formula terhadap upaya solusi keluarga rentan. Jadi tidak semakin rentan dan semuanya akan lebih mudah ditangani secara langsung by name by address maupun secara program yang tepat sasaran. Dan menghasilkan nilai tambah yaitu peningkatan kualitas hidup yang pada akhirnya tidak ada yang hidup tidak layak,” paparnya. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kubu Raya, Titus Nursiwan berharap komitmen bersama dalam kegiatan kampanye three ends dapat menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dia mengungkapkan, sepanjang tahun 2019 tercatat baru satu kasus yang terjadi di Kubu Raya yakni perdagangan orang. 

“Cuma yang agak naik itu kasus kekerasan pada anak. Kalau dibandingkan tahun lalu ada kenaikan. Tahun lalu 12 kasus dan tahun ini ada 26 kasus,” terangnya. “Tertinggi kasus seksual kepada anak yang pelakunya justru orang-orang terdekat,” tambahnya.

Titus menyebut, saat ini masyarakat semakin paham bagaimana menyikapi kasus yang ada di lingkungan sekitar. Hal itu, menurutnya, tidak terlepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan pihaknya terkait peraturan daerah tentang perlindungan anak.

“Masyarakat kita sudah banyak yang tahu, kalau ada kasus harus berbuat apa dan melapor kemana. Kalau dulu mereka tidak tahu,” ungkapnya. 

Terkait kampanye three ends, Titus mengapresiasi PKK, GOW, Dharma Wanita Persatuan dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang dinilainya sangat militan. 

“Kita ada kerja sama dengan PKK, GOW, DWP, dan LSM yang luar biasa komitmen dengan kegiatan ini,”  ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan kampanye three ends, Wakil Bupati Sujiwo, Sekretaris Daerah Yusran Anizam, Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Dyah Indah Yusran Anizam. Selain arahan dari Bupati Muda Mahendrawan, kampanye three ends diisi kegiatan Senam Three Ends dan Joget Pesona Kubu Raya.

Penulis: Rio
Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini