Karolin Hadiri Deklarasi Ramah Anak SMPN 1 Ngabang

Editor: Redaksi
Foto bersama bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Forkompinda, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Perwakilan Bappeda Kabupaten Landak, dewan adat Dayak, Melayu, dan Tionghoa Kabupaten Landak, serta kepala SMPN 1 Ngabang dan para guru.
LANDAK, suaraborneo.id - SMPN 1 Ngabang menggelar deklarasi sekolah ramah anak, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa, bersama Forkompinda, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Perwakilan Bappeda Kabupaten Landak, dewan adat Dayak, Melayu, dan Tionghoa Kabupaten Landak, serta kepala SMPN 1 Ngabang dan para guru.

Bupati Landak mengatakan deklarasi ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sekolah ramah anak  ini mencakup keramahan lingkungan sekolah maupun suasana proses belajar mengajarnya.

" Sekolah itu memang harus ramah anak, baik lingkungannya dan juga suasana saat proses belajar mengajar harus dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak,” ujar bupati.

Sekolah yang ramah anak merupakan salah satu kriteria kabupaten layak anak. Dengan adanya deklarasi ini  dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak agar bisa menciptakan lingkungan yang menunjang optimalisasi tumbuh kembang anak.

“Semoga dengan deklarasi ramah anak ini meningkatkan kesadaran seluruh pihak, seluruh stakeholder untuk bisa menciptakan lingkungan yang menunjang optimalisasi tumbuh kembang anak-anak kita dan mereka semakin mencintai lingkungan sekolahan,” harap Karolin.

Bupati Landak mengingatkan pihak sekolah dan orang tua untuk meningkatkan pembinaan terhadap anak agar tidak terjadi di Kabupaten Landak, seperti permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia saat ini, mulai dari bullying, kekerasan terhadap guru dan murid kasus bunuh diri dan permasalahan lainnya.

" Peran guru dan orang tua menjadi sangat penting, para guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan mengajar yang menyenangkan bagi para pelajar serta orang tua yang selalu mendampingi anak-anak ketika berada dilingkungan rumah,” pesan Karolin.

Kedepan deklarasi sekolah ramah anak ini juga dapat dilakukan disemua tingkat pendidikan yang ada di kabupaten Landak, agar pendidikan di kabupaten Landak bisa menuju kearah yang lebih baik.

“Kita terus mendeklarasikan sekolah ramah anak tidak hanya di SMP Negeri 1 Ngabang ini, tetapi juga diseluruh tingkatan pendidikan mulai dari PAUD, TK, SMP, SMA , dan SLB di Kabupaten Landak, agar  pendidikan di kabupaten Landak bisa menuju kearah yang lebih baik,” kata Karolin. 

Penulis AP
Editor Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini