Kecamatan Air Besar Berpotensi Ditanam Strawberry

Editor: Redaksi
Tanaman strawberry yang di kembangkan oleh  BP2K kecamatan Air Besar
LANDAK, suaraboneo.id - di kecamatan Air Besar kabupaten Landak wilayah desa Tengon dan desa Bentiang, mempunyai pontensi tanahnya cocok untuk tanaman strawberry.

Badan Penyuluhan Pertanian (BP2K) Kecamatan Air Besar Dinas pertanian dan peternakan perikanan dan ketahanan pangan (DPPKP) kabupaten Landak mengembangkan tanaman Strawberry di Desa Tengon dan Desa Bentiang.

Program penanaman tanaman tersebut dilakukan warga desa Tengon dan Bentiang untuk memanfaatkan lokasi mereka yang berada di dataran tinggi untuk wilayah Kabupaten Landak.

Pj. Camat Air Besar Hary Sarkinom, sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh BP2K Kecamatan Air Besar yang sudah mengembangkan tanaman tersebut walaupun masih dalam skala kecil.

Dengan dikembangkan tanaman ini bisa menjadi pontensi kedua desa di kecamatan Air Besar. Diharapkan bisa menjadi produk unggulan disektor pertanian Kabupaten Landak.

" Saya berharap tanaman ini dapat menjadi potensi desa dan dikembangkan secara luas," harap Camat.

Selain tanaman strawberry juga cocok ditanami wortel. Tanah di dua desa itu sangat subur. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh BP2K Kecamatan Air Besar selain tanaman strawberry, ternyata tanaman jenis wortel juga dapat tumbuh di wilayah ini.

" Kita ingin kedua jenis tanaman yang sudah dikembangkan tersebut dapat digarap secara serius, setidaknya dapat mensuplai kebutuhan terutama masyarakat kecamatan Air Besar, kemudian masyarakat Kabupaten Landak bahkan diluar kabupaten," ungkap Hery.

Dikatakannya, kedua tanaman yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian  dan Perikanan melalui BP2K Air Besar tersebut merupakan hasil kerjasama dengan masyarakat setempat.

" Kedepan jika masyarakat sudah mulai paham dan menguasai semua teknik penanaman kedua jenis tanaman ini maka akan kerjasama tetap dilaksanakan dalam bentuk pendampingan," kata Hary.


Penulis : AP
Editor  : Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini