-->

Salat Jumat Perdana di Masjid Nurul Hidayah

Editor: Redaksi
Sebarkan:
KUBU RAYA, (suaraborneo.id) – Ibadah salat Jumat umat muslim di Dusun Bina Karya RW 002 Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, terasa istimewa. Jumat (16/8) itu untuk kali pertama warga melaksanakan salat Jumat di masjid sendiri. Masjid bernama Nurul Hidayah yang hari itu diresmikan keberadaannya oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. 

Bupati Muda bahkan melanjutkan agenda peresmian masjid dengan menunaikan salat Jumat perdana bersama warga di masjid tersebut. “Saya bersyukur sekali karena saya tahu ini dulunya surau kecil. Alhamdulillah masjid ini dapat terwujud dengan doa dan ikhtiar perjuangan semua warga, pengurus surau, pengurus RT dan RW, juga camat dan jajaran. Tentu ini sebuah hal yang patut diapresiasi,” ucap 

Muda Mahendrawan dalam sambutannya menilai, perubahan status surau menjadi masjid yang diikuti penyerahan sertifikat masjid sangat penting. Karna selain terdaftar di Kantor Kementerian Agama, juga menjadi dasar dalam hal pemberian bantuan pemeliharaan dan perawatan. 

“Masjid ini sama-sama kita resmikan sebagai masjid yang terdaftar di Kemenag sehingga lebih memudahkan pondasi untuk percepatan pemeliharaan dan perawatan ke depan. Insya Allah nanti kami bantu sumur bor berikut mesin dan penyaringnya,” tutur Muda. 

Pengurus Masjid Nurul Hidayah, H. Taryono, mengatakan renovasi Masjid Nurul Hidayah yang awalnya merupakan surau dimulai pada Februari 2017 lalu. Renovasi rampung pada Mei 2019. Ia mengungkapkan Masjid Nurul Hidayah awalnya adalah surah bernama Al Hidayah yang berdiri sejak tahun 1994 silam. 
“Kemudian diadakan renovasi dan direhab menjadi besar dengan ukuran 13 x 13 meter. Lalu berdasarkan rembuk jemaah dan warga, mereka bermufakat menjadikan surau ini sebagai masjid,” tuturnya.

Meski sudah diresmikan keberadaan dan penggunaannya, Taryono menyebut pembangunan masjid belum tuntas. 
“Renovasi rampung sebelum bulan puasa lalu. Tapi ini masih belum sempurna, sekitar 80 persen,” ucapnya.

Penulis: Rio/humas
Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini